Beranda >

Berita > APBD 2020 Sudah Balance, Finalisasi Akan Dilakukan 25 November 2019


20 November 2019

APBD 2020 Sudah Balance, Finalisasi Akan Dilakukan 25 November 2019

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto memimpin rapat kerja antara Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kota Bogor di Gedung DPRD, Jalan Pemuda, Tanah Sareal, Rabu (20/11/2019).

Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, dalam rapat kali ini TAPD sudah mencoba menerjemahkan kesepakatan dari pembahasan sebelumnya dengan dewan demi kelancaran pembangunan di Kota Bogor. Langkah TAPD ini pun diapresiasi Badan Anggaran DPRD Kota Bogor.

“Rapat pertama kan kami diminta untuk untuk mengurangi ini, menambahkan itu, tidak boleh ini, dan lain sebagainya. Kemudian kami terjemahkan dalam bentuk struktur anggara, Alhamdulillah sekarang sudah balance. Kan APBD itu bisa diketok palu apabila seimbang antara pendapatan dan belanja,” ujar Ade Sarip usai raker.

Ade menambahkan, penyeimbangan anggaran dilakukan dengan dua cara, yakni dengan meningkatkan pendapatan dan rasionalisasi. “Karena kan harus seimbang, ketika mau seimbang hanya dua cara saja, melakukan peningkatan pendapatan dan rasionalisasi. Misalnya pendapatan sepakat ditambah dari BPHTB nambah Rp 5 miliar lalu dari pajak nambah Rp 5 miliar. Pengurangan dirasionalisasi di dinas-dinas. Prinsipnya untuk kepentingan kesehatan dan pendidikan kita tetap berporos kepada regulasi 20 persen,” jelasnya.

Tahap selanjutnya, kata Ade, Raperda Kota Bogor tentang APBD tahun anggaran 2020 akan dilakukan pada pekan depan atau Senin, 25 November 2019. “Karena Selasa kita akan paripurnakan. Secara prinsip sudah tidak ada masalah, sudah balance. Totalnya APBD 2020 ada Rp 2,3 triliun kurang lebih. Total ini belum termasuk bantuan dari pusat seperti DAK maupun dari Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya. (Humpro:ismet/pri)