kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Acara Pembukaan Pencanangan Bulan Penimbangan Balita Tingkat Kota Bogor Tahun 2011
Rabu, 06 Juli 2011 11:30

SAMBUTAN
WALIKOTA BOGOR
PADA ACARA PEMBUKAAN PENCANANGAN BULAN PENIMBANGAN BALITA TINGKAT KOTA BOGOR TAHUN 2011
Rabu, 04 Sya’ban 1432 H – 06 Juli 2011



Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Tiada keindahan kata tanpa menyebut dan memaknai ke-Maha Suci-an Allah Subhanahu Wataala, yang pada hari ini telah melimpahkan rahmat, karunia, dan ridho-Nya, sehingga kita dapat bersama-sama hadir pada acara Pencanangan Bulan Penimbangan Balita Tingkat Kota Bogor Tahun 2011.

Kita pahami bersama, Bulan Penimbangan Balita merupakan salah satu upaya penting yang diharapkan mampu memberikan dukungan terhadap langkah-langkah peningkatan status gizi balita di Kota Bogor. Karena melalui penimbangan inilah kita dapat memantau perkembangan kesehatan dan kondisi gizi para balita. Perkembangan kondisi kesehatan gizi balita penting untuk dipantau, dengan tujuan mengurangi jumlah anak yang kurang gizi atau bahkan gizi sangat kurang serta mencegah secara dini, kematian seorang balita. Dengan demikian, pada akhirnya kita bisa mendapatkan generasi yang lebih berkualitas yang insyaAllah akan turut menentukan perbaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di masa yang akan datang.  

Kita pun harus mengakui, saat ini kemungkinan meningkatnya jumlah balita dengan gizi kurang atau gizi sangat kurang masih terbuka lebar. Hal itu dikarenakan pada kenyataannya masih banyak keluarga yang hidup miskin dan serba kekurangan, sehingga anak-anak mereka agak sulit untuk bisa mendapatkan asupan gizi yang memadai.

Di Kota Bogor berdasar hasil bulan penimbangan balita pada tahun 2010, ada sekitar 0,4 persen balita dengan kondisi gizi sangat kurang, 8,1 persen balita dengan gizi kurang, 89,9 persen balita dengan gizi baik, dan 1,6 persen balita dengan gizi lebih. Data-data hasil bulan penimbangan balita tahun 2010 secara umum menunjukkan kondisi yang lebih baik dibandingkan data serupa di tahun 2009. Kita berharap, hasil bulan penimbangan balita tahun 2011 juga mencerminkan kondisi yang juga lebih baik dibandingkan tahun 2010.   

Namun, perlu kiranya dipahami langkah penting yang seyogianya dapat kita lakukan pasca Bulan Penimbangan Balita adalah menyusun berbagai langkah tindak lanjut pasca bulan penimbangan balita. Kita harus mau menyusun, merumuskan, dan melaksanakan berbagai program dan langkah yang dianggap perlu untuk menangani hasil temuan tentang kasus gizi sangat atau gizi kurang di Bulan Penimbangan Balita. Jadi, data-data yang dihasilkan pasca Bulan Penimbangan Balita tidak hanya menjadi arsip, tetapi menjadi pemacu bagi kita semua yang ada di Kota Bogor untuk melakukan langkah penanganannya.   

Untuk itu, gunakanlah kesempatan ini untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait pelaksanaan Bulan Penimbangan Balita pada tahun-tahun sebelumnya. InsyaAllah, kehadiran saudara-saudara pada forum ini membawa sebuah harapan untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang dianggap perlu pada pelaksanaan bulan penimbangan balita.

Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah cara penimbangan balita harus dilaukan dengan cara yang benar, didukung petugas terlatih, dan sarana dacin yang rusak. Faktor tersebut penting diperhatikan untuk memastikan bulan penimbangan balita akan menghasilkan data yang akurat.   

Sejalan dengan itu, saya menekankan pentingnya kegiatan ini didukung oleh semua pihak, terutama oleh para orangtua yang memiliki bayi dan balita, agar mereka mau membawa para balita mereka ke pos-pos penimbangan. Selama ini, dari penimbangan rutin balita di Posyandu kita ketahui, jumlah balita yang datang untuk ditimbang belum mencapai 100 persen dibandingkan jumlah balita terdaftar dalam kartu menuju sehat.  

Oleh karena itu, saya meminta para kader untuk berkerja secara maksimal dan ikhlas untuk menggerakkan warga agar membawa balitanya untuk ditimbang. Harapan ini saya sampaikan pula kepada keluarga besar Tim Penggerak PKK dari tingkat kota sampai kelurahan. InsyaAllah, saya telah mengetahui dengan baik kerja keras, dedikasi, dan loyalitas saudara-saudara selama ini dalam mensukseskan bulan penimbangan balita.      

Kepada para tenaga kesehatan, saya berharap saudara-saudara dapat bekerja secara ikhlas, cerdas, dan profesional. Kepada toma, toga, dan aparat kelurahan, saya minta saudara-saudara dapat terlibat aktif menggerakkan sasaran agar mau datang ke Posyandu. Peran serta saudara-saudara diharapkan mampu berkontribusi terhadap pencapaian target semua balita Kota Bogor yang jumlahnya mencapai 88.469 (delapan puluh delapan ribu empat ratus enam puluh sembilan) balita, dapat ditimbang dan memperoleh asupan vitamin A.

Itulah kiranya beberapa hal yang dapat saya sampaikan untuk menghantarkan pelaksanaan acara pada hari ini. Akhirnya, dengan senantiasa memohon ridho Allah Subhanahu Wataala, dan dengan mengucap Bismillah’ hirrohman’ nirrohim, pada hari ini, Rabu, 04 Sya’ban 1432 H – 06 Juli 2011, Bulan Penimbangan Balita Tahun 2011, secara resmi saya canangkan.

Kepada seluruh pihak terkait Bulan Penimbangan Balita Tahun 2011, saya meminta untuk bekerja baik dan mampu bekerja secara profesional serta marilah kita berdo’a semoga Bulan Penimbangan Balita di Kota Bogor dapat berjalan lancar dan sukes.

Wabillahit’taufik Wal Hidayah, Wassalamu’ alaikum Wr.Wb.

Walikota Bogor


Diani Budiarto

 

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner