kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Pembukaan Sosialisasi Permendagri No 12 Tahun 2007
Kamis, 23 Juni 2011 11:02

 

SAMBUTAN
WALIKOTA BOGOR
PADA ACARA PEMBUKAAN SOSIALISASI PERMENDAGRI NOMOR 12 TAHUN 2007 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN DAN PENDAYAGUNAAN DATA PROFIL DESA DAN KELURAHAN TINGKAT KOTA BOGOR
Kamis, 21 Rajab 1432 H – 23 Juni 2011




Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Segala puji bagi Allah Subhanahu Wataala yang telah dan senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, serta yang telah pula meridhoi kita pada hari ini, untuk bersama-sama mengikuti acara Pembukaan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan Tingkat Kota Bogor. Shalawat serta salam semoga senantiasa disampaikan kepada junjungan kita Rasulullah SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikut setia ajarannya sampai di akhir jaman nanti.


Pelaksanaan sosialisasi ini menjadi penting untuk dilaksanakan karena kita ketahui bersama, profil kelurahan memiliki manfaat yang besar dalam rangka mendukung kelancaran pembangunan. Manfaat itu di antaranya adalah keberadaan profil kelurahan yang menjadi dasar perencanaan program-program pembangunan dan pemberdayaan warga masyarakat di kelurahan, kecamatan, dan kota.

Selain itu, dari sebuah profil kelurahan yang meliputi gambaran menyeluruh tentang karakter kelurahan seperti data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana, serta kemajuan dan permasalahan yang dihadapi kelurahan; akan mendukung mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah dan turut memperlancar pelaksanaan otonomi daerah. Hal itu sangat beralasan karena profil kelurahan yang lengkap dan selalu terupdate akan menjadi dasar pengambilan sebuah kebijakan pembangunan sekaligus untuk menghindari dari salah sasaran pembangunan.   

Bahkan profil kelurahan dengan gambaran lengkap pun akan memudahkan pihak swasta untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan di kelurahan. Setidaknya, pihak swasta melalui dana Corpoorate Social Respontibity (CSR)-nya akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan prioritas di setiap kelurahan.

Hanya saja, manfaat-manfaat dari profil kelurahan ini tampaknya belum dipahami dan diyakini benar oleh sebagian besar aparat kelurahan. Hal itulah antara lain tergambar dari banyaknya profil kelurahan di Kota Bogor kurang memperhatikan keakuratan data. Selain itu, banyak pula profil kelurahan yang kurang menggambarkan secara lengkap potensinya, sehingga tidak menggambarkan kondisi sebenarnya kelurahan.

Satu persoalan lain yang juga sering dijumpai pada profil kelurahan adalah kurang update-nya data yang disajikan dalam profil kelurahan. Padahal kita memahami bersama, up dating data memegang peranan sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan.  

Maka, ada harapan besar sosialisasi pada hari ini akan memberikan daya ingat kepada seluruh aparat kelurahan yang hadir untuk meninggalkan kebiasaan lama dalam menyusun profil kelurahan. Dan pada saat yang sama, saudara-saudara mampu menyusun profil kelurahan sesuai pedoman yang ada dalam Permendagri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan. Dengan kata lain, profil kelurahan harus selalu menyajikan kelangkapan data, keakuratan data, dan up dating data yang baik.  

Kemudian, pada kesempatan yang baik ini, saya meminta kita semua untuk mampu mengedepankan keamanahan dan kejujuran selama menjalankan tugas dan kewajiban sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Untuk itu, mulai hari ini dan seterusnya, kita diharapkan mampu memotivasi diri bukan dengan hal-hal terkait materi, tetapi dengan semangat luhur bahwa kita ingin membawa gerbong perubahan ke arah lebih baik di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. InsyaAllah dengan demikian, kita telah berupaya untuk menjaga diri agar selalu amanah dan jujur selama menjadi PNS di lingkungan Pemerintah Kota Bogor.       

Itulah kiranya hal-hal yang dapat saya sampaikan untuk menghantar acara pembukaan pada hari ini. Akhirnya, seraya memohon ridho Allah Subhanahu Wata’ala dan dengan mengucap Bismillah’hirrohman’nirrohim, pada hari ini Kamis, 21 Rajab 1432 H – 23 Juni 2011, Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan Tingkat Kota Bogor, secara resmi saya nyatakan dibuka.

Kepada seluruh pemateri, peserta, dan panitia penyelenggara, saya ucapkan selamat beraktivitas. Semoga sosialisasi ini dapat berjalan lancar dan akan memberikan banyak manfaat bagi seluruh peserta, terutama dalam kaitan penyusunan profil kelurahan.   

Wabillahit’taufik Wal Hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Walikota Bogor


Diani Budiarto

 

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner