kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Pembukaan Kantor Cabang Pembantu Surya Kencana Bank BJB
Kamis, 24 November 2011 14:00

SAMBUTAN
WALIKOTA BOGOR
PADA ACARA PEMBUKAAN KANTOR CABANG PEMBANTU SURYA KENCANA BANK BJB
Senin, 28 Dzulhijjah 1432 H - 24 November 2011



Asalamualaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah Subhanahu Wataala yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya serta yang telah pula meridhoi kita pada hari ini untuk bersama-sama menghadiri Acara Pembukaan Kantor Cabang Pembantu Surya Kencana Bank BJB.
Sehubungan dengan itu, kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan Bank BJB Cabang Bogor, saya ucapkan selamat atas pembukaan Kantor Cabang Pembantu Surya Kencana yang merupakan kantor cabang pembantu Bank BJB ke dua yang dibuka dalam setahun ini. Mudah-mudahan kehadiran cabang pembantu baru ini akan meningkatkan performa layanan Bank BJB dalam jasa keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat yang pada akhirnya turut pula berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Kota Bogor.

Harapan itu tidaklah berlebihan mengingat kehadiran lembaga keuangan bank seperti Bank BJB, merupakan bagian penting yang akan mendukung dan membantu perkembangan ekonomi masyarakat. Terutama, harapan agar Bank BJB memiliki keberpihakan yang lebih besar lagi terhadap usaha kecil dan menengah. Karena kita pun memahami, bahwa peranan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sangatlah besar dalam mendukung stabil dan kuatnya perekonomian nasional, tak terkecuali di Kota Bogor.

Secara faktual kita mengetahui, 99,98 persen pelaku ekonomi di Indonesia adalah kelompok UMKM. Besarnya jumlah UMKM ini, menurut catatan Badan Pusat Statistika (BPS), berhubungan langsung dengan kemampuan UMKM menyerap tenaga kerja. UMKM mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 85,4 juta pekerja atau sekitar 96,18 persen dari jumlah tenaga kerja di Indonesia. Bahkan nilai kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan PDB telah mencapai Rp 1,778 triliun atau 53 persen dari total PDB Indonesia.

Dalam konteks Kota Bogor, potensi UMKM antara lain dapat dilihat dari jumlah pelaku usahanya yang relatif banyak, kemampuannya menunjang kegiatan kepariwisataan, dan juga kontribusinya yang besar terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Bogor. Dari segi jumlah UMKM misalnya. Sampai dengan akhir tahun 2010, jumlah UMKM yang masuk dalam pembinaan Pemerintah Kota Bogor mencapai sebanyak 32.901 (tiga puluh dua ribu sembilan ratus satu ribu) UMKM.

Begitu pun dengan jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor UMKM sampai dengan tahun 2010 telah mencapai 58.249 (lima puluh delapan ribu dua ratus empat puluh sembilan ribu) orang. Sedangkan dari jumlah asset atau investasi, capaian UMKM di tahun 2010 berkisar pada angka Rp 575.397.110.000,00 (lima ratus tujuh puluh lima milyar tiga ratus sembilan puluh tujuh juta seratus sepuluh ribu rupiah).

Dalam kaitan itu, saya mengajak kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan Bank BJB Cabang Bogor untuk turut pula memberikan perhatian lebih kepada para UMKM di Kota Bogor. Saya pun mengimbau Bank BJB Cabang Bogor untuk terus mengkaji peluang-peluang yang kiranya dapat dibuka dalam menciptakan kemitraan usaha dengan berbagai pihak di Kota Bogor. Jika kemitraan yang dikembangkan Bank BJB berkembang baik, maka pada akhirnya kebaikan itu akan bisa dinikmati kembali oleh Bank BJB.

Selain itu, penjajakan peluang-peluang kerja sama dan kemitraan ini menjadi penting karena dalam beberapa waktu terakhir, ada sebuah kecenderungan  di kalangan perbankan yang kurang menguntungkan dunia usaha. Kecenderungan tersebut terkait dengan kebijakan kalangan perbankan yang lebih memilih untuk menggunakan dana dari pihak ketiga untuk membeli Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dibandingkan menguncurkannya dalam bentuk pembiayaan kepada dunia usaha.

Saya banyak berharap kondisi ini tidak menjadi tren yang berkembang di Bank BJB Cabang Bogor, karena saya yakin Bank BJB Cabang Bogor adalah bank yang memiliki komitmen besar untuk membantu dan mengembangkan sektor riiil, terutama perkembangan UMKM.    

Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada keluarga besar Bank BJB Cabang Bogor. Semoga dengan beroperasinya Kantor Cabang Pembantu Surya Kencana Bank BJB Cabang Bogor ini, dapat turut meningkatkan pelayanan Bank BJB kepada para nasabah dan dapat pula turut menghimpun lebih banyak nasabah bagi Bank BJB.

Wabillahit’taufik Wal Hidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb.

Walikota Bogor


Diani Budiarto


 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner