kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Peresmian Posyandu Anggrek
Jumat, 16 Maret 2012 10:04

SAMBUTAN
WALIKOTA BOGOR
PADA ACARA PERESMIAN POSYANDU ANGGREK KELURAHAN KEDUNG JAYA
Jum’at, 22 Rabi’ul Akhir 1433 H – 16 Maret 2012




Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Maha suci Allah Subhanahu Wataala yang telah dan senantiasa menganugerahkan berbagai nikmat kepada kita semua, sehingga pada hari ini, kita bisa bersama-sama mengikuti Acara Peresmian Posyandu Anggrek kelurahan Kedung Jaya, kecamatan Tanah Sareal.
Mengawai sambutan ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada keluarga besar Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi, Badan Pembinaan Kontruksi, Kementrian Pekerjaan Umum dan PT. Semen Gresik. Terima kasih atas kepedulian saudara-saudara dalam memberikan kontribusi penting bagi pembangunan kota Bogor, melalui bantuan pembangunan Posyandu Anggrek di kelurahan Kedung Jaya.  

InsyaAllah, keberadaan posyandu Anggrek ini akan sangat bermanfaat bagi warga kelurahan Kedung Jaya, terutama dalam kaitan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Kita ketahui bersama, posyandu adalah unit swadaya masyarakat yang keberadaannya diharapkan mampu membantu masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan yang dihadapinya.

Melalui pelayanan Posyandu, kita memang berharap masalah-masalah kesehatan masyarakat seperti kasus kurang gizi pada balita, pengurangan kasus kematian ibu hamil dan melahirkan serta antisipasi penularan penyakit; dapat tertangani dengan lebih baik.

Kami cukup merasa optimis harapan itu dapat terealisasi dengan baik mengingat potensi besar yang dimiliki posyandu di Kota Bogor. Potensi itu antara lain tergambar dari jumlah posyandu yang telah mencapai 941 unit yang tersebar di 68 kelurahan. Dari jumlah ini, 77 unit di antaranya telah bersatus posyandu mandiri, 392 unit telah berstatus posyandu purnama, 425 unit telah berstatus posyandu madya, dan 47 unit lainnya masih berstatus posyandu pratama.

Ditinjau dari sisi asset, kami juga bersyukur karena sebagian besar posyandu di Kota Bogor atau sekitar 505 unit telah memiliki gedung yang statusnya milik sendiri yang dibangun dari dana PPMK, CSR, dan hibah masyarakat. Sedangkan sisanya, yaitu 436 unit posyandu masih melakukan operasional dengan menumpang di rumah warga.   

Faktor lain yang membuat kami cukup optimis adalah keberhasilan beberapa posyandu di Kota Bogor yang telah mengembangkan fungsinya dengan menambah kegiatan, seperti pendidikan anak usia dini, terutama bagi warga yang tidak mampu. Beberapa posyandu pun telah menyelenggarakan pemeriksaan serta pelayanan kesehatan untuk para orangtua lanjut usia, serta pelayanan bagi Ibu-Ibu yang menjalani masa nifas, dan mengelolaan dana sehat.

Potensi besar itu pula yang rasanya membuat kami di Kota Bogor memiliki keyakinan bahwa Posyandu dapat terus dikembangkan dalam rangka mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium (MDGs). Pengembangan Posyandu ditujukan sebagai wadah pemberdayaan masyarakat untuk melayani kebutuhan dasar masyarakat yang dikelola dengan prinsip dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat.  

Selanjutnya, saya meminta kepada warga kelurahan Kedung Jaya untuk menjaga dan merawat dengan baik keberadaan Posyandu Anggrek. Salah satu bentuknya dapat dilakukan dengan melaksanakan kegiatan posyandu secara rutin seperti pelayanan kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi, serta pencegahan dan penanggulangan diare.  

Selain itu, harapannya dapat dikembangkan kegiatan penunjang lain seperti BKB, BKR, BKL, BLK, dan PIK remaja; kelompok motivator ASI, PAUD, kelas ibu, kelas gizi, Usaha Kesehatan Gigi Masyarakat Desa (UKGMD), Taman Obat Keluarga, RW Siaga, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), dana sehat, kesling dan PHBS, Komunitas Warga Tanpa Rokok, dan sudut baca. InsyaAllah dengan demikian, posyandu Anggrek akan memberikan kontribusi besar bagi peningkatan layanan kesehatan dasar bagi warga sekitar dan terutama ibu dan anak.  

Demikian kiranya beberapa hal yang dapat saya sampaikan untuk menghantarkan pelaksanaan acara pada hari ini. Akhirnya, sekali lagi saya ucapkan selamat kepada warga sekitar Posyandu Anggrek di kelurahan Kedung Jaya. Dan terima kasih kepada keluarga besar Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi, Badan Pembinaan Kontruksi, Kementrian Pekerjaan Umum dan PT. Semen Gresik.   

Wabillahit’taufik Wal Hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Walikota Bogor


Diani Budiarto

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner