kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Bhakti Donor Darah

SAMBUTAN

WALIKOTA BOGOR

PADA ACARA BHAKTI DONOR DARAH

DALAM RANGKA SASIH DHARMA BHAKTI XVII PMR UNIT SMA NEGERI 1 BOGOR

Senin, 2 Agustus 2010 – 21 Sya’ban 1431 H




Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Segala puji bagi Allah Subhanahu Wataala yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, serta yang telah pula meridhoi kita untuk bersama-sama mengikuti Acara Donor Darah dalam rangka Sasih Dharma Bhakti XVII PMR Unit SMA Negeri 1 Bogor. Untuk mengawali acara ini, mari kita mengucap rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Wataala atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya.   

Pelaksanaan donor darah pada hari ini sejatinya telah menggambarkan kepedulian pihak penyelenggara dan peserta donor darah untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama. Untuk itu, saya ingin ikut mendorong kegiatan donor darah seperti ini dapat dilaksanakan secara terencana untuk mengimbangi kebutuhan darah yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Perlu kiranya diketahui, kebutuhan darah di seluruh Indonesia saat ini telah mencapai 4 juta kantong darah per tahun. Dan pada kondisi-kondisi tertentu, seperti ketika demam berdarah mewabah, kebutuhan darah dipastikan akan semakin meningkat secara signifikan dari kondisi biasanya.

Tingginya kebutuhan darah ini ternyata belum bisa dipenuhi secara maksimal karena rata-rata ketersediaan kantong darah di PMI per tahunnya, baru mencapai 1,2 juta kantong darah. Inilah yang juga menjadi pekerjaan rumah kita semua bagaimana kita dapat berperan suka rela menambah ketersediaan kantong darah di PMI. InsyaAllah apa yang kita lakukan itu akan berperan dalam menyelematkan hidup saudara-saudara kita yang lain.

Kemudian, ajakan untuk melakukan donor darah harapannya dapat pula kita sosialisasikan secara masif di tengah masyarakat dan ajakan itu bisa kita awali dari orang-orang yang berada di sekitar kita. Hal itu tidak hanya penting untuk menambah ketersediaan jumlah kantong darah di PMI, tetapi juga menjadi penting karena kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan aksi donor darah masih relatif kecil.

Menurut data yang dimiliki Perhimpunan Donor Darah Indonesia, jumlah penduduk Indonesia yang melakukan aksi donor darah per seribu penduduk baru mencapai enam orang. Jumlah ini relatif kecil jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang memiliki jumlah penduduk yang lebih kecil dibandingkan Indonesia. Sebagai contoh, di Malaysia angkanya sudah mencapai 10 orang per seribu penduduk, di Singapura 24 orang per seribu penduduk, dan bahkan di Jepang angkanya sudah mencapai 68 orang per seribu penduduk.

Hal ini terjadi bukan dikarenakan rendahnya kepedulian sosial masyarakat Indonesia, tetapi lebih disebabkan beberapa faktor seperti belum memasyarakatnya aksi donor darah di tengah masyarakat. Harus kita akui, pelaksanaan aksi donor darah seperti kegiatan hari ini tidak setiap minggu atau setiap bulan, dapat didatangi masyarakat.

Inilah yang pada akhirnya membuat akses masyarakat untuk melakukan aksi donor darah, sedikit terhambat. Jika semua elemen masyarakat dengan kesadaran penuh melakukan aksi donor darah secara rutin dan bergantian, maka persoalan stok kantong darah di PMI, InsyaAllah tidak akan lagi menjadi masalah.    

Hal lain yang juga penting mendapat perhatian adalah memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat terkait aksi donor darah. Kita harus bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa aksi donor darah sebagaimana disampaikan ahli kesehatan akan memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Donor darah pun harus diyakini sebagai salah satu bentuk aksi kemanusian yang juga merupakan bagian dari ibadah kita.

InsyaAllah, dengan pemahaman-pemahaman ini, masyarakat tidak perlu menunggu kegiatan-kegiatan insidentil donor darah, tetapi mereka dengan kesadaran penuh akan datang ke PMI untuk menyumbangkan darahnya.

Akhirnya, kepada seluruh peserta donor darah, saya ucapkan selamat melakukan aksi kemanusiaan. Semoga apa yang dilakukan pada hari ini senantiasa diniatkan hanya untuk memperoleh ridho Sang Khaliq. Harapan ini saya rangkai dengan harapan bahwa saudara-saudara dapat melanjutkan aktivitas kemanusian ini di masa-masa yang akan datang.

Wabillalhit’taufik Wal Hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Walikota Bogor


Diani Budiarto

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner