kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam

SAMBUTAN

WALIKOTA BOGOR

PADA ACARA PELANTIKAN PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG BOGOR DAN SEMINAR MENYOAL RAPERDA TENAGA KERJA DENGAN SISTEM BAGI HASIL

Minggu, 27 Juni 2010 – 14 Rajab 1431 H




Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Segala puji senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wataala yang senantiasa mencurahkan segala nikmat kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikut setia ajarannya hingga akhir jaman.

Rasa syukur juga kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas perkenan-Nya pada hari ini kita dapat bersama-sama mengikuti acara Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor yang dirangkai dengan pelaksanaan Seminar dengan tema “Menyoal Raperda Tenaga Kerja Dengan Sistem Bagi Hasil”.

Mengawali sambutan ini, saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran pengurus HMI Cabang Bogor yang dilantik hari ini. Selamat atas kepercayaan dan amanah yang telah diemban saudara-suadara sebagai pengurus HMI Cabang Bogor untuk melakukan berbagai langkah di tengah masyarakat. Ucapan selamat ini pun diiringi dengan harapan agar saudara-saudara dapat bekerja optimal, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas selama menjadi pengurus HMI Cabang Bogor.

Melengkapi ucapan selamat ini, saya kutip sebuah hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang menyatakan ‘Janganlan kamu menuntut sebuah jabatan. Sesungguhnya jika diberi karena ambisimu, maka kamu akan menanggung seluruh bebannya. Tetapi, jika ditugaskan tanpa ambisimu, maka kamu akan ditolong mengatasinya.’      

Bagi Pemerintah Kota Bogor, keberadaan setiap pergerakan mahasiswa, termasuk HMI di dalamnya, senantiasa dipandang sebagai salah satu asset yang akan turut mempercepat laju perubahan ke arah lebih baik lagi di Kota Bogor. Kami berharap akan memperoleh banyak pemikiran positif, penuh semangat, dan penuh idealisme dari kalangan mahasiswa dalam rangka memberikan yang terbaik bagi Kota Bogor.     

Harapan tersebut alhamdulilah telah terjawab dengan gamlang melalui pelaksanaan seminar pada hari ini. Karena dalam pandangan saya, seminar ini akan memberikan solusi alternatif untuk meningkatkan kesejahtraan tenaga kerja yang memang menjadi urusan wajib bagi semua pemerintah daerah, tak terkecuali Pemerintah Kota Bogor. Untuk itu, saya turut memberikan apresiasi positif kepada panitia penyelenggara atas pilihan tema yang diambil sebagai bentuk keberpihakan terhadap nasib tenaga kerja Indonesia.    

Harus kita akui, dalam beberapa aspek,  ketenagakerjaan di Indonesia masih menghadapi berbagai persoalan pelik, terutama dalam kaitannya dengan hak-hak para pekerja. Persoalan-persoalan tersebut muncul di antaranya disebabkan oleh jumlah pengangguran di Indonesia relatif sangat banyak, sehingga posisi tawar para pekerja relatif remah.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengangguran terbuka di Indonesia, telah mencapai 9,26 juta orang per Februari 2009 atau mencapai 8,14 persen dari total angkatan kerja yang mencapai 113,74 juta jiwa. Jumlah pengangguran ini pun telah diprediksi akan meningkat sekitar 9 persen karena imbas krisis global yang turut memperlemah tingkat pertumbuhan ekonomi.   

Selain faktor masih tingginya jumlah pengangguran, faktor lain yang juga menyebabkan lemahnya posisi tawar para pekerja di pasar tenaga kerja adalah masih relatif rendahnya tingkat pendidikan tenaga kerja Indonesia. Dua faktor utama ini yang akhirnya turut berperan besar membuat banyak tenaga kerja di Indoensia harus kehilangan hak-haknya seperti masih rendahnya perlindungan terhadap keselamatan kerja, atau rendahnya tunjangan hari raya yang diberikan kepada para pekerja.

Dalam konteks Kota Bogor, berbagai masalah itu telah kami respon antara lain dengan pelaksanaan bursa kerja, revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK), pemberian kerja sementara, optimalisasi proyek padat karya, atau kemudahan berinvestasi untuk menyerap tenaga kerja yang belum kerja. Upaya-upaya itu bersamaan dengan pembahasan Rancangan PERDA tentang Pelayanan di Bidang Ketenagakerjaan.    

Raperda ini diusulkan dengan maksud agar urusan ketenagakerjaan terkelola secara efektif, sehingga pengelolaan ketenagakerjaan di Kota Bogor bisa berlangsung secara konfrehensif. Untuk itu, dipandang perlu pengaturan tentang peningkatan kualitas para tenaga kerja untuk merespon masih rendahnya kulitas tenaga kerja. Karena banyak tenaga kerja yang diminta atau dibutuhkan, tetapi di sisi lain banyak tenaga kerja yang tidak bisa mendapatkan kesempatan kerja, karena kualitasnya masih lemah.

Di samping itu, juga dipandang perlu adanya usaha untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja di Kota Bogor, serta perluasan kesempatan kerja dan pembinaan hubungan industrial serta perlindungan bagi para tenaga kerja.

Hal-hal tersebut telah diusahakan agar betul-betul bisa terakomodir di dalam pasal-pasal serta ayat-ayat yang ada di dalam raperda ketengakerjaan ini. Namun demikian tentu saja masih dibutuhkan pengkajian dan pembahasan yang lebih mendalam, agar tujuan baik kita dalam pengelolaan ketenagakerjaan di Kota Bogor, bisa terwujud berkat adanya program-program atau kegiatan-kegiatan pengembangan ketenagakerjaan yang memiliki ketegasan dan kepastian di dalam peraturan daerah yang menaunginya.

Saya berharap pelaksanaan seminar ini pun menjadi bagian yang akan turut memperbaiki Raperda tentang Pelayanan di Bidang Ketenagakerjaan yang saat ini masih dalam tahap pembahasan antara Pemerintah Kota Bogor dan DPRD Kota Bogor. Saya meyakini ada ide-ide segar yang akan lahir dari seminar dan mudah-mudahan akan turut memberikan kontribusi penting bagi perbaikan Raperda tentang Pelayanan di Bidang Ketenagakerjaan.

Itulah kiranya beberapa hal-hal yang dapat saya sampaikan untuk menghantar kegiatan pada hari ini. Akhirnya, saya ucapkan selamat mengikuti seluruh rangkaian acara seminar pada hari ini dan saya ucapkan selamat berjuang, berkarya, dan mengabdi dengan penuh ketulusan kepada seluruh jajaran pengurus HMI Cabang Bogor.     

Wabillahit’taufik Wal Hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Walikota Bogor


Diani Budiarto

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner