kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Penerimaan Kunjungan Kerja

SAMBUTAN

WALIKOTA BOGOR

PADA ACARA PENERIMAAN KUNJUNGAN KERJA DPRD KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR DAN DPRD KABUPATEN KUDUS

Senin, 14 Juni 2010 – 01 Rajab 1431 H



Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Maha suci Allah Subhanahu Wataala yang atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya pada hari ini, kita dapat bersama-sama menyambut kedatangan rombongan dari DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur dan DPRD Kabupaten Kudus, yang akan melaksanakan kunjungan kerja di lingkungan Pemerintah Kota Bogor.

Sehubungan dengan itu, kepada segenap anggota rombongan, saya ucapkan selamat datang di Kota Bogor. Kami bersyukur selama ini telah menjadi tujuan kunjungan kerja bagi banyak pemerintah dan DPRD dari berbagai daerah. Sepanjang tahun 2009 lalu, kami telah menerima 115 kunjungan dari berbagai pemerintah daerah dan DPRD kabupaten/ kota lain. InsyaAllah kunjungan-kunjungan kerja tersebut telah menjadi kesempatan bagi kami untuk saling bertukar informasi dan pengalaman. Selain tentunya, kesempatan bagi kami untuk memberikan informasi yang memadai terkait tema di setiap kunjungan, tak terkecuali pada hari ini.

Sebelumnya, perlu kami sampaikan, bahwa Kota  Bogor adalah kota yang memiliki luas wilayah 11.850 hektar atau sekitar 0,27 % dari luas wilayah Propinsi Jawa Barat dengan jarak sekitar 56 km dari ibukota Jakarta. Terbagi ke dalam 6 wilayah kecamatan, 68 kelurahan, dengan jumlah penduduk berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor, mencapai 1.055.734 (satu juta lima puluh lima ribu tujuh ratus tiga puluh empat) jiwa di akhir tahun 2009.

Terkait tema kunjungan pada hari ini, perlu kiranya kami sampaikan bahwa Pemerintah Kota Bogor telah memiliki beberapa peraturan daerah terkait pajak daerah. Perda-perda terkait pajak itu di antaranya adalah Perda Nomor 15 tahun 2002 tentang pajak hotel, Perda nomor 16 tahun 2002 tentang pajak restoran, dan Perda nomor 3 tahun 2007 tentang pajak hiburan.
Keberadaan perda-perda tersebut telah menjadi payung hukum bagi kami yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bogor dalam upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah. Dalam tataran teknis, upaya intensifikasi pajak dan retribusi daerah ditempuh antara lain dengan penyuluhan dan sosialisasi kepada para wajib pajak atau wajib retribusi, peningkatan kemampuan aparat pemungut pendapatan daerah, pendataan dan uji potensi pendapatan daerah, penagihan pajak daerah secara lebih optimal, atau memberikan penghargaan bagi wajib pajak dan aparat terkait, terutama Pajak Bumi dan Bangunan.
Sedangkan upaya ekstensifikasi pajak dan retribusi daerah kami tempuh antara lain dengan menjaring objek pajak baru dan penyesuaian peraturan daerah yang baru.
Kombinasi ke dua langkah tersebut alhamdulilah telah berkontribusi besar pada penerimaan pajak daerah yang per 31 Desember 2009 telah mencapai Rp56.027.944.313,00 (lima puluh enam milyar dua puluh tujuh juta sembilan ratus empat puluh empat ribu tiga ratus tiga belas rupiah). Angka ini sekitar 119,13 % dari target penerimaan pajak daerah tahun 2009 yaitu sebesar Rp46.835.529.000,00 (empat puluh enam milyar delapan ratus tiga puluh lima juta lima ratus dua puluh sembilan rupiah).   
Kemudian, perlu kiranya kami sampaikan bahwa Pemerintah Kota Bogor telah menetapkan empat masalah prioritas kota yaitu penanganan masalah kemiskinan, transportasi, Padagang Kaki Lima (PKL), dan kebersihan. Empat masalah prioritas ini sejak tahun 2004 telah diupayakan melalui berbagai program dan kegiatan agar tidak lagi menjadi beban kota.  

Upaya ini bersamaan dengan upaya lain yang kami lakukan untuk terus meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Kota Bogor. Kami bersyukur upaya-upaya itu telah diapresiasi dengan sangat baik oleh Pemerintah Pusat, sehingga tahun 2009 kami berhasil mendapatkan Piala Citra Bhakti Abdi Negara dari Presiden Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan karena Kota Bogor dinilai masuk dalam kota yang berhasil menyelenggarakan pelayanan publik dengan baik.
Dan akhirnya, untuk memperoleh berbagai informasi lain yang lebih mendalam terkait kunjungan pada hari ini, saya persilahkan saudara-saudara untuk berhubungan secara langsung dengan dinas/ instansi terkait. Semoga silaturahim ini dapat memberikan banyak manfaat bagi seluruh anggota rombongan untuk meningkatkan kapasitas masing-masing.

Wabillahit’taufik Wal Hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Walikota Bogor

Diani Budiarto

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner