kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Posyandu Anggrek Gulirkan Belasan Program Pemberdayaan Masyarakat
Rabu, 06 Oktober 2010 23:46
ImagePos pelayanan terpadu (Posyandu) Anggrek RW 03 Kelurahan Sindangsari Kecamatan Kota Bogor Timur akhirnya maju mewakili Kota Bogor dalam lomba Posyandu tingkat Provinsi  Jawa Barat. Posyandu Anggrek maju mewakili Kota Bogor setelah sebelumnya berhasil menyabet predikat juara pertama di tingkat Kelurahan,  Kecamatan dan juara di tingkat Kota Bogor. Sehingga Posyandu Anggrek berhak mewakili Kota Bogor ke tingkat Provinsi Jabar.
 
Posyandu Anggrek dinilai berhasil dalam bidang Keluarga Berencana Keluarga Sejahtera (KB-Kes) menerima penghargaan dari Pemeritah Kota Bogor. Padahal, bila melihat kondisi secara fisik, posyandu Anggrek hanya berlokasi di bangunan seluas 16 M persegi. Bangunan yang berdiri di atas tanah hibah itupun baru saja didirikan pada bujan Januari 2009 dan di bangun berdasarkan dana hibah dari dana Blok Grant sebesar Rp 15 juta dan dana swadaya masyarakat sebesar Rp. 18 juta.

Walaupun berlokasi di bangunan yang sederhana, namun tidak menyurutkan semangat para kader dan pengurus posyandu untuk terus berkiprah dan berbhakti.  Ini tercermin dari lahirnya berbagai program setiap tahunnya. Sehingga peningkatan kinerja Posyandu tersebut menggondol peringkat Posyandu Mandiri. Setiap hari, posyandu Anggrek melayani sekitar 966 jiwa dari 247 Kepala Keluarga yang tersebar di lima Rukun Tetangga (RT).

Image

Berikut ini adalah sasaran Posyandu Anggrek:

    Jumlah Penduduk                  =   966  Jiwa/247 KK
    Jumlah RT                            =   5  RT
    Kelompok Dasa Wisma         =   9  Kelompok
    Jumlah Bayi                         =   30  orang
    Jumlah Balita                       =   65  orang
    Jumlah Bumil                       =   6  orang
    Jumlah PUS                         =   175  orang
    Peserta KB Aktif                   =   147  akseptor
    Jumlah WUS                         =   288  orang

Ada sekitar lima program utama Posyandu Anggrek, yaitu:

1.    Kesehatan Ibu dan Anak
Pada kegiatan ini sasaran utama adalah ibu hamil, nifas dan menyusui, bayi dan balita. Kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan kesehatan, pemeriksaan ibu hamil dan penimbangan bayi dan balita.

2.    Keluarga Berencana
Dengan menyasar kepada pasangan usia subur, kegiatan yang dilakukan posyandu berupa penyuluhan KB, pemberian Pil KB ulangan, pemberian suntikan KB dan konseling KB.

3.    Pelayanan Gizi
Dengan sasaran bayi dan balita, ibu hamil/nifas/menyusui, dan pasangan usia subur, sejumlah kegiatan di posyandu dilakukan seperti penimbangan bayi/balita, pemantauan timbang, penyuluhan gizi, pemberian Vit A & Fe, PMT Penyuluhan dan pemantauan gizi ibu hamil.

4.    Pelayanan imunisasi
Dengan menyasar kepada bayi, balita dan ibu hamil, sejumlah kegiatan telah dilakukan oleh posyandu Anggrek, meliputi mendata sasaran bayi,balita dan ibu hamil, pelayanan imunisasi dan sweeping atau kunjungan rumah.

5.    Pencegahan dan penanggulangan diare
Sasaran utama program ini adalah bayi dan balita. Kegiatan yang dilakukan berupa mengenali penderita diare, memberi LGG/ oralit, memberi penyuluhan PHBS dan merujuk ke Puskesmas.
 
Penulis : Dian Intania 
 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner