kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Kantin Kejujuran ke-11.000 di SMA Negeri 1 Bogor
Selasa, 11 May 2010 19:06
Image“Kukatakan satu dan kubayar satu
Karna yang kuambil cuma satu
Kukatakan dua dan  kubayar dua
Bila yang kuambil memang dua”

Demikian sepenggal hymne Kantin Kejujuran yang dilantunkan oleh para siswa SMA Negeri 1 Bogor. Hari ini, bertepatan dengan peringatan hari Pendidikan, Kantin Kejujuran di SMA Negeri 1 Bogor diresmikan. Tidak tanggung-tanggung Jaksa Agung Hendarman Supandji meresmikan sekaligus menandatangani prasasti Kantin Kejujuran di  SMA Negeri 1 Bogor, Jalan Juanda Bogor, Selasa (11/5/2010).

Kantin kejujuran sudah menjamur di mana-mana, bahkan sudah memasuki angka 11000 kantin kejujuran yang sudah didirikan di Indonesia. Tetapi tidak sedikit kantin yang gulung tikar akibat perilaku siswa yang tidak jujur. Namun, Agus Suherman, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bogor menekankan pentingnya menanamkan kejujuran di kalangan para siswa.

“Ini merupakan salah satu usaha dalam rangka menanamkan kejujuran di kalangan generasi muda,” ujar Agus Suherman seusai peresmian Kantin Kejujuran.

Kantin Kejujuran memang sedikit berbeda dengan kantin lainnya. Biasanya, kantin selalu ada penjaganya. Di kantin Kejujuran tidak. Para siswa bebas memilih dan membayar senilai barang yang mereka ambil. Pada kantin kejujuran di SMA N 1 aturan mainnya cukup sederhana.
 
1. Pilih barang yang diinginkan,
2. Bayarlah sesuai harga,
3. Simpan uang di kotak uang,
4. Ambil kembalian sendiri,
5. Catatlah barang yang diambil.

 
 Image
 
Sampai saat ini terhitung ada 11000 sekolah yang menerapkan kantin kejujuran di sekolahnya. Sedangkan di Jawa Barat, SMA negeri 1 Bogor merupakan sekolah ke 1000 yang membuka Kantin Kejujuran. Di Kota Bogor, tercatat ada 21 sekolah yang menerapkan kantin Kejujuran di sekolahnya. Ditingkat Sekolah Menengah Atas ada SMA N 2, SMA N 3, SMA N 4, SMA N 5, SMA N 6, SMA YPHB, SMK 1 dan SMK 3. Di tingkat Sekolah Menengah Pertama ada SMP 1, SMP 13, SMP 3, SMP 9, SMP 8, dan SMP 5.  Di tingkat Sekolah Dasar ada SD Gunung Gede, SD Kedung Badak 4, SD Semplak 2, SDN Padjadjaran, SD Pakuan, dan SD Cibuluh 1.

Pelopor Kantin Kejujuran di Bogor adalah SMP 13 Bogor. Kantin Kejujuran di SMP 13 sudah berdiri sejak 7 November 2008. Yosef, penggagas Kantin Kejujuran di SMP 13 menjelaskan ”Saya dulu lihat-lihat di internet, ada yang namanya Kantin kejujuran.  Saya tertarik dan menyampaikan gagasan itu ke kepala Sekolah. Dan mendapat respon positif, akhirnya dibuka kantin kejujuran. Ini adalah laboratorium saya.” ujarnya.

Yosef yang juga mengajarkan PPKN di SMP 13 mengatakan bahwa di SMP 13 belum 100% berhasil. Karena memang tolak ukurnya bukan untung rugi. Tetapi target yang ingin dicapai adalah perubahan perilaku anak-anak didik menjadi jujur.

Yosef pun  mengakui bahwa kantin kejujuran di SMP 13 mengalami pasang surut. “Kadang ada kehilangan barang. Kalau dipantau terus pasti bagus, tetapi kalau tidak, suka ada barang yang hilang,” ujar Yosef jujur.

Tetapi Yosef optimis, kantin kejujuran ini merupakan salah satu upaya untuk membiasakan anak murid berlaku jujur, di mana pun dan kapan pun. Generasi muda jangan sampai tercemari budaya korupsi seperti yang kini banyak menjadi pusat perhatian media massa nasional. (dian)

 

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner