kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Pembukaan Rapat Kerja
SAMBUTAN
WALIKOTA BOGOR
PADA PEMBUKAAN RAPAT KERJA DAERAH DEWAN MASJID INDONESIA KOTA BOGOR

Sabtu, 8 Agustus 2009 –  17 Sya’ban 1430 H




Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dengan ridho Allah Subhanahu Wataala, pada hari ini kita dapat bersilaturahim dalam keadaan sehat wal afiat, untuk bersama-sama mengikuti Rapat Kerja Daerah Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kota Bogor.

 

Shalawat serta salam semoga selalu dilimpahkan kepada junjungan kita tercinta, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikut ajarannya yang setia sampai di akhir jaman nanti.

Rapat kerja daerah ini merupakan sebuah kesempatan yang baik bagi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor untuk mematangkan program dan rencana kerja yang bertujuan mewujudkan pembangunan masyarakat berbasis masjid. Sekaligus program dan rencana kerja tersebut akan sangat membantu upaya kita dalam meningkatkan peran dan fungsi masjid di dalam kehidupan bermasyarakat.

Kita menyadari bahwa gencarnya pembangunan masjid di setiap daerah dan bertambahnya masjid yang dibangun dengan megah dan indah, belum disertai dengan upaya-upaya menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan sosial kemasyarakatan. Masih banyak masjid dibangun fisiknya, tetapi tanpa disertai dengan pembentukan organisasi kepengurusan yang profesional, yang dapat mengarahkan masjid tersebut termanfaatkan secara maksimal.

Kenyataan tersebut bukan hanya merupakan tinjauan sepintas lalu atau bahkan hanya perkiraan semata-mata. Sebab kecenderungan seperti itu justru tercermin dari hasil sebuah survey yang pernah dilakukan sebuah koran nasional baru-baru ini di seluruh Indonesia. Hasil survei tersebut menyatakan bahwa masid-masjid yang dibangun saat ini masih  sepi dari kegiatan-kegiatan sosial.

Penelitian itu mengungkapkan, bahwa kebanyakan masjid di Indonesia yang jumlahnya diperkirakan antara 700 ribu sampai dengan 800 ribu masjid, masih dimanfaatkan hanya sebagai tempat melaksanakan ibadah shalat. Masih jarang masjid yang dipergunakan sebagai pusat kajian, diskusi publik, tafakur, apalagi untuk kegiatan-kegiatan sosial.

Padahal pada jaman dulu, masih banyak masjid yang dipimpin oleh para ulama yang sekaligus berperan sebagai guru dan tokoh masyarakat setempat, yang biasanya dimanfaatkan sebagai tempat masyarakat bermusyawarah dan bermufakat mengatasi berbagai persoalan yang ada di lingkungan sekitarnya. Itulah kiranya salah satu kondisi yang harus bisa kita bangun kembali di masjid-masjid yang ada saat ini.

Di samping itu kita juga perlu mengakomodir harapan yang banyak dilontarkan masyarakat seperti yang tercermin dari hasil survey tadi, agar mereka bisa menikmati berbagai aktivitas di masjid. Saya kira inilah sebuah tantangan bagi kita semua untuk membuat fungsi masjid bisa lebih beragam.

Jadi jangan kita biarkan masjid terbangun dengan megah dan kokoh, tetapi hanya sekadar menjadi tempat yang sepi tanpa ada aktivitas. Jangan sampai kita hanya pandai mengorganisir kegiatan membangun fisik masjid, tetapi sesungguhnya kita belum mampu membangun organisasi pengurus masjid yang mampu memakmurkan kegiatan masjid.

Pembangunan fisik masjid memang perlu kita perhatikan, tetapi kegiatan-kegiatan yang bisa berlangsung di masjid itu, ternyata juga lebih penting kita perhatikan. Maka marilah kita manfaatkan masjid di lingkungan masing-masing dengan cara menyelenggarakan berbagai kegiatan yang manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat di sekitarnya,

Selanjutnya pada kesempatan ini saya mengimbau agar setiap pengurus masjid segera mempersiapkan rencana-rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Ramadhan mendatang. InsyaAllah hanya dalam hitungan kurang dua minggu dari sekarang, kita akan sama-sama memasuki bulan suci Ramadhan 1430 Hijriah.

Buatlah rencana-rencana kegiatan yang diselenggarakan di setiap masjid, di samping persiapan melaksanakan shalat tarawih, tadarusan dan kuliah subuh, mulailah dari sekarang merencanakan kegiatan lain yang tidak kalah besar makna dan manfaatnya.

Diantaranya, seperti menyelenggarakan acara buka puasa bersama dengan tujuan, agar saudara-saudara kita yang miskin dan dhuafa atau mereka yang sedang mampir di masjid ini dalam perjalanan, bisa berbuka dengan hidangan yang cukup. Mereka juga bisa berbuka dengan makanan yang tidak saja mengenyangkan tetapi juga sehat dan bergizi, sehingga insyaAllah mereka akan bisa menjalankan ibadah puasa dengan fisik yang lebih kuat dan lebih sehat.

Makanan buka puasa bersama, bisa  disediakan oleh warga yang memang memiliki kelebihan rizki atau disediakan oleh pengurus yang khusus dibentuk. Kegiatan ini sekaligus bisa membuat rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan diantara warga yang berada di sekitar masjid ini menjadi lebih kuat dan lebih dekat, melalui silaturahim yang terjalin pada saat berbuka puasa bersama.

Pada bulan puasa nanti, saya juga mengimbau segenap masyarakat warga Kota Bogor untuk bisa lebih berhemat dan jangan terlalu konsumtif. Berusahalah berpuasa lebih tenang dan khusu serta perbanyaklah bersedekah dan beramal ibadah lainnya.

Demikian beberapa pandangan dan imbauan yang dapat saya sampaikan untuk mengantar jalannya acara raker pada hari ini. Selanjutnya dengan senantiasa memohon ridho Allah Subhanahu Wataala, dan dengan mengucap Bismillah’ hirrohman’nirrohim, pada hari Sabtu ini tanggal 8 Agustus 2009 – 17 Sya’ban 1430 Hijriah, Rapat Kerja Daerah Dewan Masjid Indonesia Kota Bogor, secara resmi saya nyatakan dibuka.

Akhirnya saya ucapkan selamat beraktivitas kepada seluruh peserta dan panitia penyelenggara raker dan semoga seluruh kegiatan yang telah diagendakan pada rakerda ini dapat berjalan lancar dan sukses berkat bimbingan dan lindungan Allah Subhanahu Wataala.

Wabillahit’taufik Wal Hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.         

Walikota Bogor


Diani Budiarto
 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner