kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Karom dan Karu Jamaah Calhaj Kota Bogor Ikuti Pelatihan
Senin, 01 Oktober 2007 15:43

Sebanyak 157 orang yang akan bertugas menjadi Ketua rombongan (karom) dan Ketua regu (Karu) jamaah calon haji Kota Bogor dikumpulkan oleh Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) Kota Bogor H. Saerodji, untuk diberikan pelatihan dan pembelakan di Aula Kandepag Kota Bogor Jalan Sambu, Bogor Timur, Minggu (30/9)

Dalam sambutannya Walikota Bogor yang diwakili Asisten Tata Praja H Idih O Wihardja ketika membuka kegiatan ini mengatakan, bahwa pelatihan memang perlu dilakukan dan perlu diikuti oleh para ketua regu dan ketua rombongan calon haji. Sebab, kenyataannya keberadaan ketua regu maupun ketua rombongan pada pelakanaannya nanti sangat dibutuhkan.

Menurutnya, ibadah haji memang ibadah individual, namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara berjamaah, terutama yang terkait dengan urusan-urusan selama berada di Tanah Suci seperti urusan perjalanan, dmaktab, urusan makan, sampai pada pelaksanaan ibadah di Masjidil Haram, di Mina dan di Arafah. Pada saat melaksanakan aktivitas itulah, biasanya para jamaah menyadari pentingnya berbuat membuat regu dan membuat pemimpin regu. Dan Bagaimanapun keberdaaan seorang pemimpin regu dan pemimpin rombongan diperlukan untuk menjamin agar pelaksanaan seluruh kegiatan selama berada di tanah suci berlangsung lancar dan terkoordinasi, ungkapnya.

Disamping itu, lanjutnya, yang tidak kalah penting adalah tugas para ketua regu dan ketua rombongan untuk membangun semangat kebersamaan diantara seluruh anggota jamaah. Rasa kebersamaan sangat diperlukan terutama untuk mengatasi berbagai persoalan yang mungkin muncul sejak persiapan berangkat, selama berada di tanah suci dan ketika kembali ke tanah air.

Sementara itu Kakandepag Kota Bogor H Saerodji menungkapkan, jumlah jamaah calon haji Kota Bogor yang siap berangkat pada musim haji tahun ini sebanyak 1.397 jamaah.  “Sedangkan pelaksanaan bimbingan manasik dilakukan dalam 10 kali pertemuan di Posbinsik yang dimulai sejak tanggal  30 Juni sampai 3 September lalu, “ ujar Saerodji.

Menurut Saerodji, bimbingan manasik masih akan dilakukan yaitu pada tanggal 27 Oktober mendatang dengan materi praktek manasik haji secara massal yang akan dipusatkan di Lapangan Sempur Bogor.(tar/iso)

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner