kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Kecuali Mulok, Buku Pelajaran Ditetapkan Mendiknas
Kamis, 02 Agustus 2007 15:24

Buku-buku teks pelajaran yang diperuntukan untuk para pelajar di Kota Bogor harus dipilih sesuai ketetapan dari Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), serta sesuai dengan rekomendasi  penilaian kelayakan dari BSNP, kecuali Muatan Lokal (Mulok) yang ditetapkan oleh Gubernur atau Walikota. Buku-buku tersebut juga harus dipertimbangkan mutu dan kwalitasnya pada setiap mata pelajaran serta tidak boleh berasal dari satu penerbit saja.

Selain itu, pihak sekolah juga harus membebaskan kesempatan kepada para peserta didik untuk menggunakan buku teks pelajaran atau referensi yang telah digunakan sebelumnya. Sehingga pihak sekolah harus menetapkan masa pakai buku teks pelajaran tersebut paling lama 5 tahun, kecuali ada hal-hal lainnya, seperti ada perubahan standar nasional pendidikan atau dinyatakan tidak layak oleh Mendiknas.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Bambang Gunawan, saat bertatap muka dengan sejumlah wartawan di Balaikota Bogor Senin (30/7) lalu mengatakan, berdasarkan kebijakan Pemerintah Kota Bogor untuk penggunaan buku-buku teks pelajaran dirasakan sangat berperan penting dan strategis bagi murid-murid sekolah didalam upaya meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan di Kota Bogor.  “Guru boleh menganjurkan kepada peserta didik yang mampu untuk membeli buku teks pelajaran, Tapi tidak boleh memaksa atau mewajibkan kepada peserta didik yang kurang mampu untuk membeli buku, tegasnya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan orang tua murid diperbolehkan membeli di toko-toko buku ataupun di sejumlah pasar yang biasa menjual belikan  buku pelajaran. Namun, bagi pihak sekolah atau guru tidak dibenarkan atau diperkenankan untuk menjual belikan kepada para peserta didik.  Jika  ada yang membutuhkan buku penunjang, maka harus berdasarkan usulan siswa atau orang tua siswa melalui forum rapat secara tertulis kepada koperasi sekolah yang telah berbadan hukum, tambahnya (iso/red)

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner