kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
PROFIL INSPEKTORAT

Image

 

INSPEKTORAT

 

Kedudukan:

Inspektorat merupakan Perangkat Daerah Kota Bogor sebagai unsur pengawas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah .
Inspektorat dipimpin oleh seorang Inspektur yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah .

Alamat Kantor :
Jl. Pahlawan Blk. 144
Telepon : (0251) 8313 274 - (0251) 8321 075 Ext.
Email : Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Tugas:
Inspektorat dipimpin oleh seorang Inspektur yang mempunyai tugas pokok melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di

daerah dan pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan.

Fungsi :

  1. Pengendalian terhadap penyelenggaraan tugas inspektorat Daerah
  2. Perumusan kebijakan teknis dan fasilitasi di bidang Pengawasan;
  3. Pemberian pertimbangan kepada Walikota berkaitan dengan pelaksanaan pemeriksaan, pengujian, penilaian dan pengusutan terhadap
  4. penyelenggaraan tugas dari semua satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kota Bogor.
  5. Perencanaan program pengawasan;
  6. Pemeriksaan, pengusutan kebenaran laporan/pengaduan terhadap penyimpangan/ penyalahgunaan, pengujian, dan penilaian dalam tugas pengawasa dan urusan lainnya yang menjadi kewenangan dan petunjuk walikota;
  7. Pengelolaan sumber daya aparatur, keuangann, sarana dan prasarana Inspektorat.
  8. Pelayanan Teknis Administratif dan fungsional



BIDANG TUGAS UNSUR-UNSUR INSPEKTORAT


inspektur mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. Membantu Walikota di dalam pelaksanakan tugas teknis di bidang pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di Daerah;
  2. Membuat program kerja dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan;
  3. Melaksanakan koordinasi dengan semua Badan/Dinas/Kantor/Instansi Pemerintah maupun Swasta untuk kepentingan pelaksanaan tugas Inspektorat;
  4. Mengevaluasi/mengkaji dan merumuskan hasil pelaksanaan pengawasan sebagai bahan penetapan kebijaksanaan Walikota;
  5. Memimpin, mengkoordinir, mengawasi dan menilai  dan melakukan pembinaan terhadap pelaksanaan tugas dan prestasi kerja personalia
  6. dilingkungan inspektorat.
  7. Membimbing, mengendalikan, dan memonitoring pelaksanaan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di Daerah;
  8. Menyampaikan rekomendasi atau memberikan saran dan pendapat yang berhubungan dengan kebijakan yang akan ditetapkan oleh Walikota;
  9. Mempertanggungjawabkan tugas Inspektorat kepada Walikota;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Walikota.


Dalam pelaksanaan tugas sebagaimana Inspektur membawahkan :

  1. Sekretariat;
  2. Inspektur Pembantu Wilayah I Bidang Keuangan;
  3. Inspektur Pembantu Wilayah II Bidang Pemerintahan;
  4. Inspektur Pembantu Wilayah III Bidang Pembangunan;
  5. Inspektur Pembantu Wilayah IV Bidang Sosial dan Ekonomi;
  6. Jabatan Fungsional Auditor.
  7. Jabatan Fungsional Pengawas Pemerintahan



Sekretariat


Tugas:
Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Inspektorat di bidang pengelolaan kesekretariatan.

Fungsi:

  1. Penyiapan bahan koordinasi dan pengendalian rencana dan program kerja pengawasan;
  2. Penghimpunan, pengolahan, penilaian, dan penyimpanan laporan hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional;
  3. Penyusunan bahan data dalam rangka pembinaan teknis fungsional;
  4. Penyusunan, penginventarisasian, dan pengkoordinasian data dalam rangka penatausahaan proses penanganan pengaduan;
  5. Pelaksanaan tugas administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan, keuangan, kearsipan, dan kerumahtanggaan;
  6. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.


Dalam penyelenggaraan tugas sebagaimana Sekretaris membawahkan :

  1. Sub Bagian Perencanaan;
  2. Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan;
  3. Sub Bagian Administrasi dan Umum;




Sub Bagian Perencanaan


Tugas:
Sub Bagian Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Sekretariat di bidang perencanaan pengawasan.

Fungsi:

  1. Pengkoordinasian penyiapan rencana/program kerja pengawasan dan fasilitasi lingkup Inspektorat;
  2. Penyusunan anggaran Inspektorat;
  3. Penyiapan laporan dan statistik Inspektorat;
  4. Penyiapan peraturan perundang-undangan;
  5. Penyiapan dokumentasi dan pengolahan data pengawasan;
  6. Pengelolaan administrasi Sub Bagian Perencanaan;
  7. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi program kerja Sub Bagian Perencanaan;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.



Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan


Tugas:

Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Sekretariat di bidang evaluasi dan pelaporan.

Fungsi:

  1. Penginventarisasi hasil pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan;
  2. Pengadministrasian laporan hasil pengawasan;
  3. Pelaksanaan evaluasi laporan hasil pengawasan;
  4. Penyusunan statistik hasil pengawasan;
  5. Penyelenggaraan kerjasama pengawasan;
  6. Penyiapan bahan, pengadministrasian, dan penyusunan laporan hasil pemeriksaan/ pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan;
  7. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan bidang evaluasi dan pelaporan;
  8. Penghimpunan/pengolahan, penilaian, dan penyimpanan laporan hasil pemeriksaan/ pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan;
  9. Memfasilitasi audit eksternal;
  10. Pengelolaan pemutakhiran data/tindak lanjut hasil pengawasan;
  11. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan Inspektorat;
  12. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.


Sub Bagian Administrasi dan Umum


Tugas:

Sub Bagian Administrasi dan Umum dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Sekretariat di bidang pengelolaan administrasi dan umum.

Fungsi:

  1. Pengelolaan urusan tata usaha, surat menyurat, dan kearsipan;
  2. Pengelolaan administrasi, inventarisasi, pengkajian, dan analisis pelaporan Inspektorat;
  3. Pengelolaan urusan perlengkapan dan rumah tangga meliputi penerimaan, pencatatan, penyimpanan, pendistribusian perlengkapan dan
  4. Pemeliharaan serta pengendalian barang-barang inventaris Inspektorat;
  5. Pengelolaan urusan kepegawaian;
  6. Pengelolaan urusan keuangan;
  7. Pengelolaan ketertiban dan keamanan di lingkungan Inspektorat;
  8. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan Inspektorat;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.



Inspektur Pembantu Wilayah I Bidang Keuangan


Tugas:

Inspektur Pembantu Wilayah I Bidang Keuangan dipimpin oleh seorang Inspektur Pembantu yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Inspektorat di bidang audit dan pengawasan keuangan.

Fungsi:

  1. Pengusulan dan pengumpulan bahan penyusunan rencana dan program kerja pengawasan/pemeriksaan di bidang keuangan;
  2. Perumusan kebijakan dan petunjuk teknis audit dan pengawasan di bidang keuangan;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan pengawasan di bidang keuangan;
  4. Pemberian petunjuk, mengawasi dan membimbing pelaksanaan tugas pengawasan/ pemeriksaan di bidang keuangan;
  5. Pelaksanaan pengawasan/pemeriksaan terhadap kegiatan - kegiatan audit di bidang keuangan;
  6. Penyelenggaraan pemeriksaan, pengusutan, pengujian, dan penilaian tugas pengawasan di bidang keuangan;
  7. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang keuangan;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.



Inspektur Pembantu Wilayah II Bidang Pemerintahan


Tugas:
Inspektur Pembantu Wilayah II Bidang Pemerintahan dipimpin oleh seorang Inspektur Pembantu yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Inspektorat di bidang audit dan pengawasan pemerintahan.

Fungsi:

  1. Pengusulan dan pengumpulan bahan penyusunan rencana dan program kerja pengawasan/pemeriksaan di bidang pemerintahan;
  2. Perumusan kebijakan dan petunjuk teknis audit dan pengawasan di bidang pemerintahan;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan pengawasan audit dan pengawasan di bidang pemerintahan;
  4. Pemberian petunjuk, mengawasi, dan membimbing pelaksanaan tugas pengawasan/ pemeriksaan di bidang pemerintahan;
  5. Pelaksanaan pengawasan/pemeriksaan terhadap kegiatan-kegiatan audit di bidang pemerintahan;
  6. Penyelenggaraan pemeriksaan, pengusutan, pengujian, dan penilaian tugas pengawasan di bidang pemerintahan;
  7. Penyiapan bahan audit dan pengawasan di bidang pemerintahan;
  8. Pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah di bidang pemerintahan;
  9. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang pemerintahan;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.



Inspektur Pembantu Wilayah III Bidang Pembangunan


Tugas:
Inspektur Pembantu Wilayah III Bidang Pembangunan dipimpin oleh seorang Inspektur Pembantu yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Inspektorat di bidang audit dan pengawasan pembangunan.

Fungsi:

  1. Pengusulan dan pengumpulan bahan penyusunan rencana dan program kerja pengawasan/pemeriksaan di bidang pembangunan;
  2. Perumusan kebijakan dan petunjuk teknis audit dan pengawasan di bidang pembangunan mencakup sarana prasarana;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan pengawasan audit dan pengawasan di bidang pembangunan;
  4. Pemberian petunjuk, mengawasi dan membimbing pelaksanaan tugas pengawasan/ pemeriksaan di bidang pembangunan;
  5. Pelaksanaan pengawasan/pemeriksaan terhadap kegiatan-kegiatan audit di bidang pembangunan;
  6. Penyelenggaraan pemeriksaan, pengusutan, pengujian, dan penilaian tugas pengawasan di bidang pembangunan;
  7. Penyiapan bahan audit dan pengawasan di bidang pembangunan;
  8. Pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah di bidang pembangunan;
  9. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang pembangunan;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.



Inspektur Pembantu Wilayah IV Bidang Sosial dan Ekonomi


tugas:

Inspektur Pembantu Wilayah IV Bidang Sosial dan Ekonomi dipimpin oleh seorang Inspektur Pembantu yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Inspektorat di bidang audit dan pengawasan sosial dan ekonomi.

Fungsi :

  1. Pengusulan dan pengumpulan bahan penyusunan rencana dan program kerja pengawasan/pemeriksaan di bidang pembangunan sosial dan ekonomi;
  2. Perumusan kebijakan dan petunjuk teknis audit dan pengawasan di bidang sosial dan ekonomi;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan pengawasan audit dan pengawasan di bidang sosial dan ekonomi;
  4. Pemberian petunjuk, mengawasi, dan membimbing pelaksanaan tugas pengawasan/ pemeriksaan di bidang sosial dan ekonomi;
  5. Pelaksanaan pengawasan/pemeriksaan terhadap kegiatan-kegiatan audit di bidang sosial dan ekonomi;
  6. Penyelenggaraan pemeriksaan, pengusutan, pengujian, dan penilaian tugas pengawasan di bidang sosial dan ekonomi;
  7. Penyiapan bahan audit dan pengawasan di bidang sosial dan ekonomi;
  8. Pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah di bidang sosial dan ekonomi;
  9. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang sosial dan ekonomi;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Jabatan fungsional Inspektorat


Jabatan fungsional pada Inspektorat terdiri atas :

  1. Pengawas Pemerintahan;
  2. Auditor.

 

Pengawas Pemerintahan


Tugas:

Tugas pokok Pengawas Pemerintahan adalah melaksanakan pengawasan dan evaluasi atas penyelenggaraan teknis urusan pemerintahan di luar pengawasan keuangan, yang meliputi pengawasan atas pembinaan pelaksanaan urusan pemerintahan, pengawasan atas pelaksanaan urusanpemerintahan, pengawasan atas pelaksanaan Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota, pengawasan atas pelaksanaan dekonsentrasi dan tugas pembantuan serta pengawasan untuk tujuan tertentu.Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana Pemerintahan harus mendapatkan penugasan secara tertulis dan bertanggung jawab kepadaInspektur.Wewenang Pengawas Pemerintahan adalah meminta keterangan yang wajib diberikan oleh setiap orang, Instansi Pemerintah, Badan Usaha Negaraata Badan Swasta sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan.Pengawas pemerintahan dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya harus sesuai dengan standar pengawasan dan kode etik pengawasan.Dalam melaksanakan audit dan pengawasan sebagaimana Pemerintahan berkoordinasi dengan Inspektur Pembantu.



Auditor


Tugas:

Tugas pokok Auditor adalah melaksanakan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan teknis, pengendalian, dan evaluasi pengawasan.Auditor yang melaksanakan tugas pokok, harus mendapat surat penugasan dari dan bertanggungjawab kepada Inspektur;Dalam melaksanakan audit dan pengawasan, Auditor berkoordinasi dengan Inspektur Pembantu;Dalam melaksanakan penugasan pengawasan yang meliputi audit, evaluasi, reviu, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain sepertikonsultansi, sosialisasi, asistensi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai, atas efisiensi dan efektifitas manajemen resiko,

pengendalian, dan proses tata kelola unit yang diawasi, Auditor berwenang untuk :

  1. Memperoleh keterangan dan/atau dokumen yang wajib diberikan oleh unit yang diawasi dan pihak yang terkait;
  2. Melakukan pemeriksaan di tempat penyimpanan uang dan barang milik Negara, di tempat pelaksanaan kegiatan, pembukuan dan tata usaha keuanganNegara, serta pemeriksaan terhadap perhitungan-perhitungan, surat-surat, bukti-bukti, rekening Koran, pertanggungjawaban, dan daftar lainnya
  3. yang terkait dengan penugasan;
  4. Menetapkan jenis dokumen, data, serta informasi yang diperlukan dalam penugasan pengawasan;
  5. Memeriksa secara fisik setiap asset yang berada dalam pengurusan pejabat instansi yang diawasi, dan
  6. Menggunakan tenaga ahli di luar tenaga Auditor, jika diperlukan.


organisasi dalam lingkup Inspektorat.


Jenjang Jabatan Fungsional Auditor sebagaimana terdiri atas :

  1. Auditor Terampil;
  2. Auditor Ahli.


Jenjang Jabatan Fungsional

  1. Auditor Terampil Pelaksana;
  2. Auditor Terampil Pelaksana Lanjutan, dan
  3. Auditor Penyelia.


Jenjang Jabatan Fungsional Auditor Ahli

  1. Auditor Pertama;
  2. Auditor Muda;
  3. Auditor Madya; dan
  4. Auditor Utama.
 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner