Banner
Kantor Imigrasi Bogor Luncurkan Parpor Online
Jumat, 29 Oktober 2010 21:16
Bagi masyarakat yang akan membuat paspor kini tidak usah repot, Pasalnya, Kantor Imigrasi Bogor telah meluncurkan paspor online melalui situs web www.imigrasi.go.id yang dapat di akses  selama 24 jam.
 
Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Bogor Drs. Lilik  Bambang  menjelaskan, situs imigrasi sengaja diluncurkan untuk mempermudah masyarakat membuat paspor.  “Ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, “ kata Lilik.

Lebih lanjut Lilik memaparkan tata cara pengajuan paspor. Pemohon harus  mempersiapkan persyaratan dengan melampirkan berkas asli dan foto kopi identitas diri, antara lain ;      Kartu Tanda Penduduk (KTP);  Akte Kelahiran (KK) dan atau Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah;  Surat Kawin/Akte Nikah bagi yang telah menikah; Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI;  Surat ganti nama (jika direncanakan akan dilakukan perubahan atau pergantian nama),  

Selain itu, rekomendasi tertulis dari atasan atau pimpinan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN, TNI/Polri atau Karyawan Swasta;  Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2007 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia RI

Menurut Lilik, untuk langkah pertama terlebih dahulu sipemohon harus mengakses ke situs layanan paspor online dengan menu “Pra  permohonan” dan akan muncul bentuk formulir.  
 
Dijelaskan, formulir tesebut diisi dengan lengkap dan benar. Jika formulir pertama telah selesai  maka pemohon mengisi formulir berikutnya dan akan tampil  “Klik” untuk lanjut ketahap berikutnya.  

”Permohonan paspor online yang sudah lengkap diserahkan ke loket pembayaran, dan selanjutnya di potret dan wawancara sesuai nomor antrian permohonan," terangnya.

Lilik mengatakan, paspor online merupakan bagian dari reformasi birokrasi dilingkungan Direktorat Jendral Imingrasi.  Selain di Bogor paspor online sudah diberlakukan  di Sukabumi,Tasikmalaya, Cirebon, Karawang dan Bandung.

“Kita berharap dengan sistim ini masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang cepat, dan murah karena pelayanan online dapat meminimalisir terjadinya pungutan liar," kata Lilik kepada wartawan di Kantornya. (yan)
 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner