kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
SDN Bantarjati 9 Bogor Siap Pertahankan Predikat Adiwiyata
Rabu, 28 April 2010 21:52
ImageBegitu menginjakan kaki di halaman Sekolah Dasar  Negeri (SDN) Bantarjati 9 Kelurahan Bantarjati Kecamatan Bogor Kota Bogor, suasana lingkungan yang bersih dan  asri tampak terasa di setiap sudut sekolah.  Keasrian sekolah dengan dominan warna hijau, selaras dengan tumbuhannya mengelilingi setiap sudut halaman depan sekolah sehingga menambah suasana nyaman.
 
Begitu pula, suasana kelas nampak tertata rapi, dan bersih.  Di depan pintu masuk kelas, disiapkan tempat cuci tangan (wastafel) yang bisa digunakan oleh para siswa, guru dan orang tua pengantar anak-anaknya. Disamping puluhan tong sampah terpasang disetiap sudut kelas. Susana nyaman semakin lengkap dengan tersedianya kran air siap minum yang dipasang oleh PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.
 
Image 
 
Kondisi lingkungan Sekolah yang asiri  tersebut tidak terlepas dari peran seluruh siswa,  kepala sekolah, guru, orang tua, termasuk penjaga sekolah dan masyarakat sekitar.  Sekolah menyandang predikat Adiwiyata Nasional tahun 2009 tersebut, kini tengah bersiap-siap mempertahankan Adiwiyata yang ke dua kalinya.

Bagi Kepala Sekolah Yayah Komariah, untuk menciptakan suasana Sekolah ramah lingkungan bukanlah hal yang mudah. ”Prestasi yang dicapai SDN Bantarjati 9 di bidang lingkungan hidup bermula penerapan kebijakan manajemen sekolah, khususnya menyangkut administrasi,” kata Yayah Komariah yang ditemui Rabu (28/4/2010).

Komponen sistem menjadi sarat prestasi, konteks pendidikan digambarkan  menyeluruh, mulai dari tempat dimana sekolah berada, sumber daya manusia yang ada hingga sarana dan prasarana, serta peran serta masyarakat.

 ”Manajemen itulah yang saya terapkan dengan para guru, komite sekolah, siswa serta masyarakat sekitar. Intinya kita mengajak, tanpa harus memaksa,” ujar perempuan yang sudah bertahun-tahun memimpin SDN Bantarjati 9.

Yayah menyebutkan, ada sembilan unsur yang terlibat, antara lain dukungan penuh dari Pemerintah Daerah. Sistem kurikulum, guru dan kompetensi, orang tua serta masyarakat dengan fungsi kontrolnya juga sangat berperan,  “Jadi kalau salah satu komponen tidak berjalan, maka akan menjadi sia-sia,” kata Yayah.

Diakuinya, untuk mempertahankan predikat Adiwiyata sangat berat, sehingga diperlukan inovasi-inovasi baru, ”Kita sudah punya konsep lanjutan untuk  mempertahankan Sekolah berbudaya Lingkungan,” tukasnya.

Ditempat terpisah Kepala Kantror Lingkungan Hidup  Kota Bogor Lilis Sukartini menyampaikan apresiasinya terhadap SDN Bantarjati 9. ” Ini yang pertama setingkat sekolah dasar di Kota Bogor yang mengikuti lomba  Adiwiyata tingkat Nasional untuk kedua kalinya. ” Kita berharap SDN Bantarjati 9 Bogor akan menjadi barometer bagi sekolah lainnya yang ada di Kota Bogor, ”pungkasnya. (ali/yan)
 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner