Banner
Penerimaan Kunjungan Pempelajaran Kelas IV SD Islam Terpadu
SAMBUTAN
WALIKOTA BOGOR
PADA ACARA PENERIMAAN KUNJUNGAN PEMBELAJARAN SISWA-SISWI KELAS IV SD ISLAM TERPADU INSAN TAMA
Rabu, 04 Nopember 2009 – 16 Dzulqa’dah 1430 H




Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Tiada kata yang lebih indah untuk diucapkan mengawali silaturahim pada hari ini, selain ungkapan rasa syukur kehadirat Allah Subhanahu Wataala yang senantiasa memberikan limpahan nikmat, rahmat, dan karunia-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada manusia di mana segala ketauladanan berpadu sempurna dalam pribadinya, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikut setia ajarannya hingga akhir jaman.
Saya bersyukur pada pagi hari ini, memasuki hari ke enam belas di bulan Dzulqa’dah, dapat bersilaturahim dengan para siswa dan guru SD Islam Terpadu Insantama Bogor yang akan melakukan kunjungan pembelajaran di Pemerintah Kota Bogor. Kunjungan ini terasa istimewa karena ditujukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa-siswi SD Islam Terpadu Insantama Bogor.

Saya memandang apa yang dilakukan oleh guru-guru SD Islam Terpadu Insantama Bogor ini merupakan bagian dari pemanfaatan potensi budaya lokal dalam rangka memberikan pemahaman lebih kepada para siswa. Karena kita memahami bersama, kondisi pendidikan sekarang menuntut setiap guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi-materi pelajarannya. Materi-materi pelajaran tidak hanya disampaikan di ruang kelas, tetapi juga dapat dilakukan dengan mengenalkan langsung siswa kepada obyek yang akan pelajari seperti halnya kegiatan hari ini.  

Terkait kunjungan belajar hari ini, perlu kiranya anak-anakku ketahui, bahwa Kota Bogor adalah kota yang memiliki Luas Wilayah 11.850 hektar atau sekitar 0,27 persen dari luas wilayah Propinsi Jawa Barat. Dari luas wilayah tersebut, Kota Bogor terbagi ke dalam 6 wilayah kecamatan, 68 kelurahan, dengan jumlah penduduk menurut pendataan Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor berjumlah sekitar 905.132 (sembilan ratus lima seratus tiga puluh dua) jiwa.

Anak-anakku juga perlu mengetahui bahwa komposisi penduduk Kota Bogor, seperti penduduk di berbagai kota lain di Indonesia, terdiri dari berbagai suku bangsa, dan yang terbanyak adalah suku Sunda yang merupakan suku bangsa asli Kota Bogor. Insya Allah, sampai hari ini dan seterusnya penduduk Kota Bogor yang terdiri dari berbagai suku bangsa ini akan terus hidup rukun berdampingan secara damai.

Anak-anakku, untuk menyatukan potensi dan membangkitkan semangat masyarakat dalam pembangunan, Kota  Bogor telah memiliki Motto Pembangunan : ”Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari, Seja Ayeuna Sampeureun Jaga”.  Motto dalam bahasa Sunda ini mengandung arti “Apa yang kita peroleh hari ini adalah hasil kerja kita di hari kemarin, dan apa yang kita lakukan hari ini adalah untuk kehidupan kita di  hari esok”.

Berdasarkan motto tersebut, Kota Bogor yang kita cintai ini terus menerus membenahi diri sesuai dengan situasi dan kondisi yang terus berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Saat ini, Pemerintah Kota Bogor sejak tahun 2004, senantiasa giat berusaha mengatasi empat masalah prioritas, yaitu masalah transportasi, masalah Kebersihan, Masalah Pedagang Kaki Lima, dan Masalah Kemiskinan.

Kemudian, sebagai warga Kota Bogor, kita juga perlu bersyukur karena kota kita tercinta ini seringkali menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara penting International. Konferensi APEC pada tahun 1994, pertemuan informal untuk perdamaian Kamboja, serta kunjungan presiden Amerika Serikat adalah beberapa kegiatan internasional yag dimaksud. InsyaAllah, Kota Bogor telah dikenal dengan baik oleh berbagai lembaga dan masyarakat dunia.   

Bapak berharap, apa yang telah disampaikan dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anak-anakku semua. Bapak juga ingin berpesan, agar kalian dapat tumbuh menjadi anak yang mampu memahami dengan baik ilmu-ilmu agama dan ilmu pengetahuan lain.

Jadilah pula anak-anak yang memiliki cita-cita tinggi dan mulia, serta memiliki semangat yang besar untuk menggapai setiap cita-cita. Jangan pernah takut untuk menuliskan sebuah mimpi dan cita-cita karena mimpi dan cita-cita itulah yang akan membuat anak-anakku bersemangat dalam menjalani kehidupan. Juga, tak lupa bapak berpesan agar anak-anakku senantiasa menghormati dan menyayangi ke dua orang tua dan guru kalian yang telah memberikan banyak pengorbanan dan yang dengan penuh ketulusan mencurahkan kasih sayang untuk kemajuan kalian.

Itulah kiranya beberapa hal yang ingin bapak sampaikan pada kesempatan ini. Kepada anak-anakku, bapak ucapkan selamat menikmati dan melihat-lihat gedung pemerintahan Kota Bogor. Akhirnya, marilah kita memohon kepada Allah Subhanahu Wataala agar senantiasa melindungi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa ini.  

Wabillahit’taufik Wal Hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Walikota Bogor


Diani Budiarto
 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner