Banner
Delapan Kelurahan di Kota Bogor Dapat Kucuran Dana Spesifik Grant Rp 1,5 Miliar
Jumat, 30 Oktober 2009 18:15
Pemerintah Kota Bogor mengucurkan dana Paket Kompetisi Pemberdayaan masyarakat Kelurahan (PK-PPMK) atau spesifik grant untuk delapan Kelurahan di Kota Bogor, denngan total dana sebesar Rp 1,5 miliar. Selain itu Pemkot memberikan Biaya Operasional (BOP) tahap kedua untuk 68 LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), 757 RW (Rukun Warga) dan 3.397 RT (Rukun Tetangga) yang ada di 68 Kelurahan se Kota Bogor dengan total dana keseluruhannya sebesar Rp 1.577.100.000.000,-

Bantuan dana tersebut diserahkan langsung Walikota Bogor Diani Budiarto didampingi Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Harun Arrasyid kepada para Ketua LPM, RW dan RT se Kota Bogor di Gedung Kemuning Gading Bogor, Kamis (29/10).

Dari 8 Kelurahan yang menerima spesifik grant, diantaranya ada empat Kelurahan yakni Kelurahan Balumbangjaya Kecamatan Bogor Barat, Muarasari Kecamatan Bogor Selatan, dan Kelurahan Kayumanis Kecamatan Tanah Sareal masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 250 juta.

Sedangkan empat Kelurahan lainnya yakni Kelurahan Cibuluh Kecamatan Bogor Utara sebesar Rp 217.070.000,- Kelurahan Ciparigi Kecamatan Bogor Utara menerima Rp 20.930.000,- Kelurahan Cibogor Kecamatan Bogor Tengah menerima Rp 190 juta, dan Kelurahan Pabaton Kecamatan Bogor Tengah menerima sebesar Rp 60 juta.

Walikota Bogor Diani Budiarto mengatakan, dana spesifik grant merupakan bantuan stimulan yang diakselerasikan dan dimusyawarahkan ditingkat Kecamatan berdasarkan hasil Musrembang (Musyawarah Rencana Pembangunan) dengan melihat skala prioritas. “Bantuan yang dikucurkan Pemkot Bogor setiap tahun ini untuk memacu swadaya masyarakat dengan diarahkan kepada pembangunan infratruktur seperti pembangunan jembatan, jalan, dan pembuatan drainase, ”ungkapnya.

Mengenai BOP Diani menjelaskan, penyaluran dana BOP LPM, RW dan RT diserahkan dalam dua tahap dengan total BOP keseluruhannya berjumlah Rp 3.150.600.000,- untuk 68 LPM, 757 RW, dan 3.397 RT yang ada di 68 Kelurahan se Kota Bogor. “Untuk penyerahan BOP kali ini merupakan penyalurahan untuk tahap kedua dengan total dana sebesar Rp 1.577.100.000,- Sebelumnya tahap pertama telah diserahkan sebesar Rp 1.573.500.000,-.

Diani berharap dengan BOP yang diterima LPM, RW dan RT akan meningkatkan peran serta masyarakat dan lembaga kemasyarakatan dalam pembangunan yang partisipatif. Selain itu kita berharap tersedianya data  informasi yang akurat, serta lebih meningkatnya pelayanan kepada masyarakat, “pintanya.

Dari jumlah 68 LPM di Kota Bogor setiap Ketua LPM menerima BOP sebesar Rp 3 Juta dalam setahun Dari jumlah 757 RW setiap Ketua RW menerima BOP sebesar Rp 1,2 dalam setahun. Sedangkan dari jumlah 3.397 RT setiap Ketua RT menerima BOP sebesar Rp 600 ribu dalam setahunnya.(Humas Kota Bogor)
  
 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Kota Bogor
Memori R.A.A. Martanagara (4)

Memori R.A.A. Martanagara

(ditulis deui ku Bah Willy)

Sumber:http://www.urangsunda.net/
 
Ngabagi Dua Pulo Jawa ku Pager Awi

Di taun 1873 pamarentah boga maksud ngalegaan pepelakan kopi. Tangkal ieu dikenalkeun supaya dipiara di lahan-lahan milik pribadi.Sanggeus opat taun, Residen Van der Moor jeung inspektur pepelakan kopi Fleisch, datang nempo ka Desa Sukatali. Ditempona buah-buah kopi nu keurmeujeuhna rek asak. Manehna ngajak sasalaman ka kuring jeung muji kana hasil gawe kuring.

Selengkapnya...

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner