Banner
Debat Calon Walikota Bogor
Kamis, 09 Oktober 2008 17:08
Penyampaikan visi dan misi lima pasangan calon walikota dan wakil walikota Bogor standar yakni tidak ada yang lebih istimewa. Kelima pasangan kandidat calon walikota dan wakil walikota Bogor ini lebih banyak memaparkan visi dan misinya mengenai permasalahan klasik yang dihadapi Kota Bogor seperti transportasi, kebersihan, Pedagang Kaki Lima (PKL), Kemiskinan, pengangguran, lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastuktur.
Penyampaian visi dan misi oleh kelima kandidat Walikota dan Wakil Walikota Bogor dihadapan sidang Paripurna istimewa DPRD Kota Bogor yang dipimpin oleh Ketuanya H.Tb Tatang Muchtar, di Gedung Kemuning Gading Bogor, Rabu (8/10).

Dalam sidang istimewa itu hadir pejabat sementara (pjs) Walikota Bogor H Bambang Gunawan Suganda, jajaran Muspida, pimpinan parpol, ormas, dan pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Bogor.

Penyampaian visi dan misi lima kandidat walikota dan wakil walikota Bogor dipandu oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor H. Radjab Tampubolon. Kesempatan penyampaian visi dan misi dilakukan secara bergiliran sesuai urutan nomor Kandidat calon walikota dan wakil walikota Bogor. Dalam menyampaikan visi dan misinya lima kandidat hanya diberikan kesempatan waktu memaparkan visi dan misinya selama 20 menit.

Pasangan nomor 1 H.Safei Bratasendjaja-Akik Darul Tahkik mendapat kesempatan pertama menyampaikan visi dan misinya, disusul kemudian pasangan nonor 2 H.Imam Santoso (Ki Gendeng Pamungkas)-Achmad Chusaery, selanjutnya pasangan nomor 3 Iis Supriatini-Ahani, kemudian pasangan nomor 4 H.Dody Rosadi-H.Erik Irawan Suganda, dan pasangan yang terakhir menyampaikan visi dan misinya adalah pasangan nomor 5 H. Diani Budiarto- Achmad Ru'yat.

Pasangan nomor 1 H.Syafei Bratasendjaja-Akik Darul Tahkik ketika menyampaikan visi dan misinya antara lain mengatakan, program prioritas bila terpilih menjadi Walikota dan wakil walikota Bogor nanti adalah 5 bebas. Yang pertama bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, bebas dari macet, bebas dari sampah, bebas biaya pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat keluarga miskin, dan bebas dari kemiskinan.

Pasangan nomor 2 H Imam Santoso (Ki Gendeng Pamungkas)-Achmad Chusairy menganngkat visi lingkungan staategis, dengan misi Kota tertib, aman, nyaman dan berwatak manusiawi. Dalam misinya Ki Gendeng mengangkat soal pembangunan infratruktur, peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pembangunan kebersihan dan keindahan kota dan pedesaan, penyerderhanaan perizinan yang terkait dengan pembangunan kepentingan masyarakat, dan peningkatan promosi guna mendatangkan investor, turis nasional dan internasional.

Selanjutnya visi dan misi yang diangkat oleh pasangan nomor 3 Iis Supratini-Ahani adalah terwujudnya masyarakat Kota Bogor yang bertaqwa, cerdas,sehat, sejahtera, dan martabat. Visi dan misi pasangan INI adalah mencakup program agama, bidang pendidikan, bidang ekonomi, infratruktur perhubungan, pariwisata, reformasi birokrasi pelayanan, manajemen pemerintahan, bidang gender dan bidang lingkungan.

Sementara itu pasangan nomor 4 H. Dody Rosadi-H.Erik Irawan Suganda mengangkat visi dan visi Menciptakan Bogor sebagai Kota Perdagangan, yang mertabat dan berwawasan lingkungan. Pasangan Do'a mengangkat 7 program prioritas yaitu kependudukan, lalu lintas dan transportasi perkotaan,lingkungan hidup dan kebersihan, pendidikan, kesehatan, PKL, dan pengentasan kemiskinan. Dalam program prioritas lalu-lintas dan transportasi perkotaan pasangan Do'a, berjanji jika terpilih akan membangun Skyway sebagai alternatif model transportasi yang efektif dan efisien, bebas macet dan tanpa polusi.

Sedangkan pasangan H. Diani Budiarto-Achmad Ru'yat ketika menyampaikan visi dan misinya lebih banyak menyampaikan keberhasilan yang telah dicapainya dalam memimpin Kota Bogor serjak tahun 2004 sampai tahun 2008. Calon walikota dari incumbent memaparkan berbagai program pembangunan antara lain sarana dan prasarana kota yang mengalami perkembangan yang membanggakan. Masalah kemacetan yang telah memunculkan idiom Kota Bogor sebagai Kota Angkot mulai terurai berang kusutnya, dengan dibangunnya berbagai jalan tembus baru dan membuka akses jalan dibeberapa daerah yang terisolir, termasuk pembangunan Bogor Outer Ring Road (BOOR), underpas di Jalan Sholeh Iskandar. Program lainya yang mendapat respon positif dari masyarakat adalah SD gratis, dan program block grant, serta berbagai program lainnya yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Diani mengatakan, pemerintah Kota Bogor telah menetapkan empat skala prioritas pembangunan permasalahan kota yang berfokus pada permasalahan kemiskinan, transportasi, PKL, dan kebersihan. Perlu diketahui, kata Diani, bahwa secara Nasional tidak banyak Pemerintah Daerah yang menetapkan skala prioritas dalam pembangunannya. Karenanya, program prioritas ini telah mengundang apresiasi Koordinator Program Milenium Develoment Goals (MDGs) wilayah Asia Pasifik, Sehingga sempat memasukan Kota Bogor kedalam nominasi kota peraih penghargaan MDGs pada tahun 2007 lalu.

Usai menyampaikan visi dan misi kelima pasngan Kandidat Walikota dan Wakil Walikota Bogor langsung melakukan sesuai lokasi yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Bogor. Pasangan Diani-Ru'yat di wilayah Bogor Utara,

Pasangan Dody-Erik (Do'a) menyapa warga di wilayah Bogor Barat. Safei-Akik langsung kembali ke poskonya di YPHI (Yayasan Persaudaraan Haji Indonesia) di Jalan Pajajaran. Sedangkan pasangan Iis Supriatini-Ahani (INI) di wilayah Bogor Tengah. Iis melakukan kampanye dengan menyapa para pedagang di sekitar Pasar Anyar Bogor.

Sementara pasangan Ki Gendeng Pamungkas-Achmad Chusaery sesuai jadwal yang ditetapkan KPU berkampanye di wilayah Bogor Selatan, namun hingga Rabu sore belum ada aktivitas Kampanye kepada masyarakat yang dilakukan oleh nomor 2 ini.(red)
 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner