kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Struktur Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Bogor
Kamis, 03 April 2008 15:06
Pemerimtah Kota Bogor akan merombak Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) sesuai amanah peraturan pemerintah (PP) No. 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Saat ini draft Raperda (rancangan peraturan daerah) SOPD sudah diserahkan ke Dewan dan sedang dibahas, kata Idih O Wihardja di Balaikota Bogor Selasa (1/4) kemarin.
Menurut Idih berdasarkan amanah PP No. 41 tahun 2007 Pemkot Bogor harus melakukan perbaikan SOPD, yakni pembentukan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) baru, pemindahan bagian SKPD ke SPD lainnya, serta peningkatakan bagian SKPD.

Dijelaskan Idih, Pemkot Bogor saat ini memiliki sebanyak 15 SKPD terdiri dari sekretariat daerah (Setda), 11 dinas teknis, dan tiga badan. empat kantor dan puluhan unit pelaksana teknis dinas (UPTD).

Berdasarkan amanah PP No, 41 tahun 2007, Pemkot akan membentuk satu SKPD baru, yakni yakni Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT). Badan baru BPMPPT dibentuk untuk mengefisienkan pengurusan izin-izin guna meningkatkan investasi di Kota Bogor, katanya.

Selain itu akan ada perombakan beberapa bagian SKPD dan memindahkannya ke SKPD lainnya. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kinerja. Misalnya, Bagian Kepegawaian akan dipindahkan ke Badan Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Latihan (BP4) menjadi Badan Kepegawaian, Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Latihan (BKP4).

UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) akan dihapus yang diubah kelembagaannya. Misalnya, UPTD pengelolaan pasar selama ini berinduk ke Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop). Nantinya, akan dibentuk perusahaan Daerah (PD) Pasar yang akan mengelola tujuh pasar tradisional di Kota Bogor.

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda SOPD DPRD Kota Bogor, Abuzar Usman mengatakan, dalam pembahasan Raperda SOPD akan dilakukan rapat kerja dengan seluruh stakeholder, termasuk pakar pemerintahan

Idealnya, kata Abuzar. perombakan SOPD setelah Perda Rancana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) disyahkan sehingga struktur baru yang terbentuk benar-benar efisien dan sesuai dengan RPJPD dan RPJPMD, katanya.

Diharapkan setelah Raperda SOPD dan Raperda RPJPD dan RPJMD selesai dan diimplementasikan, masih dimungkinkan dilakukan perbaikan agar SOPD yang terbentuk tepat dan kinerjanya bisa optimal. (iso)
 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner