kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Ribuan Pencari Kerja Serbu Gedung Bale Binarum Bogor
Kamis, 06 Desember 2007 18:43

Sebanyak 40 perusahaan ikut ambil bagian dalam Bursa Kerja Expo 2007 yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Bogor di Gedung Bale Binarum Bogor.  Bursa kerja yang berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (5-6/12) dibuka resmi Sekretaris Daerah Kota Bogor H. Dody Rosadi.


Dalam bursa Kerja yang juga mengikutsertakan PJTKI Jawa Barat  ini mendapat sambutan antusias ribuan pencari kerja. Sejak pagi hari mereka sudah berdatangan ke Gedung Bale Binarum untuk mencari  jenis lowongan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan di bursa kerja.

Sekretaris daerah Kota (Sekdakot) Bogor H.Dody Rosadi mengatakan, jumlah pengangguran di Kota Bogor masih relatif tinggi. Bahkan berdasarkan  data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bogor menyebutkan dari 100 perempuan yang masuk  angkatan kerja 22 diantaranya masih mencari pekerjaan. Sementara itu, dari 100 laki-laki yang masuk angkatan kerja, 15 diantaranya sedang mencari pekerjaan.

Menurut Dody, untuk skala nasional data BPS sampai tahun 2006 menyebutkan angka pengangguran terbuka di Indonesia telah mencapai 10,9 juta jiwa atau meningkat sebesar 0,35 persen dibandingkan tahu 2005.

Sementara itu berdasatkan proyeksi Bappenas, sampai tahun 2008, angka pengangguran terbuka di Indonesia  akan terus mengalami peningkatan. Bahkan pada saat yang sama, bahwa diantara jumlah pengangguran tersebut ternyata banyak yang telah memperoleh gelar pendidikan di berbagai perguruan tinggi. Di Jawa Barat misalnya, sampai akhir tahun 2006 jumlah penangguran terdidik telah mencapai 1,8 juta jiwa, terang Dody.

Menyikapi kenyataan  ini kata Dody memang perlu disiasati melalui berbagai program penanggulangan pengangguran yang inovatif dan efektif.  Kegiatan bursa kerja  yang digelar dua hari ini merupakan salah satu bentuk  menangani masalah pengangguran/

Diharapkan, melalui bursa angka pengangguran di Kota Bogor akan bisa menurun Setidaknya melalui kegiatan ini akan terekrut sekitar 2.500 pencari kerja untuk menempati posisi-posisi yang tersedia sebagaimana target yang dicanangkan Dinas Tenaga kerja dan Sosial Kota Kota Bogor.  

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Bogor H. Jany Permadhy mengungkapkan, bahwa kegiatan diadakan yang 5 kalinya, dan setiap tahunnya penyelenggaraan bursa kerja diusahakan melibatkan 40 perusahaan, dengan lowongan yang tersedia bermacaman jenis pekerjaaan.  “Jadi  tenaga kerja yang terserap setiap tahunnya diatas 2000 tenaga kerja, “kata Jani Permadhy.

Menurut Jani untuk tahun 2006, karena penyelenggaraan dilaksanakan 2 kali bisa terekrut tenaga kerja lebih dari 4000 an. Untuk penyelenggaraan yang dilaksanakan sekarang akan merekrut lebih banyak, karena lebih diupayakan kepada pekerjaan yang padat karya seperti  Garment dan  jenis pekerjaan lainnya. Sebab, Sektor tersebut paling banyak penganggurannya. 

Sedangkan lokasi Perusahaan tersebar di wilayah Bogor dan Jabotabek Dari 40 perusahaan yang ikut ambil bagian dalam bursa kerja 1 sampai 20 perusahaan berdomisili di Kota Bogor, sedangkan yang lainnya daru luar Kota Bogor.

Lebih lanjut Jani mengakui, bahwa jumlah pengangguran terus meningkat. Makanya, salah satu media untuk menjembataninya paling efektif dengan membuka bursa kerja yang melibatkan perusahaan yang ada.

Karena itu diharapkan bursa pasar kerja ini bisa terus dipertahankan sehingga para pencari kerja dan pengangguran bisa terserap. “ Kita akan mengevaluasi sampai sejauh mana warga Kota Bogor bisa terserap dalam bursa kerja, “ imbuhnya. (iso/tar/ism)

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner