Banner
Hati-hati! Bahu Jembatan Jalan di Sholeh Iskandar Amblas
Senin, 19 November 2007 18:15
Hujan yang mengguyur Kota Bogor dalam beberapa hari terakhir ini telah menyebabkan bahu jembatan di Jalan KH Sholeh Iskandar Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, tepatnya didekat belokan ke arah Cibenut amblas. Kejadian amblasnya jembatan disebabkan lapisan tanah yang menopang jembatan longsor digerus oleh air hujan 
Akibat kejadian ini telah merobohkan tiang pancang untuk memasang spanduk atau reklame dan mematahkan pipa yang digunakan PT PLN, PDAM baik Kota maupun Kabupaten. PT Telkom dan jaringan serat optik PT Indosat. Diperkirakan amblasnya bahu jalan tersebut terjadi Jum’at dinhari. “Ini semata karena faktor alam, selain Kota Bogor terus diguyur hujan, juga menyanggah atau penopang jembatan memang miring, “ujar Kepala Seksi Pengendalian pada Dinas Pwendapatan (Dispenda) Kota R.An An Andri Hikmat ketika diminta komentarnya, Jum’at (16/11)

Selain itu lanjut An An, tidak jauh dari lokasi kejadian ada pekerjaan proyek underpass yang saat ini sedang memasang tiang pancang, sehingga tidak tertutup kemungkinan terjadi pergeseran lapisan tanah di sekitarnya.

Sementara itu Kabag Humas PDAM Tirta Kahuripan, Kabupaten Bogor, Hasanudin kepada wartawan menjelaskan, akibat kejadian tersebut telah mengakibatkan terputusnya pipa induk berdiameter 8 inchi sepanjang 15 meter yang merupakan pipa untuk mengalirkan air bersih dari instalasi pengoalahan di Kedunghalang dengan kapasitas 40 liter per detik.

Kejadian ini juga telah menyebabkan tergangunnya pendistribusian air bersih di 1470 pelanggan karena pipa tersebut mengalir keempat perumahan yaitu Perumahan Budi Agung, Perumahan Duta Kencana, Bukit Cimanggu Vila dan Bogor Raya Permai, dan pemukiman warga yang berada di kawasan Jalan KH Soleh Iskandar, ungkapnya.

Untuk mengatasi kejadian PDAM Tirta Hahuripan, secepatnya melakukan pemasangan pipa sementara agar air bisa secepatnya distribusikan, sambil menunggu perbaikan turap yang dilakuka Dinas Bina Marga.

“Bagi warga yang terganggu dan belum memperoleh air bersih kami menyediakan air melalui mobil tangki dengan bergilir karena armada terbatas. Kami mohon maaf atas peristiwa ini karena ini kondisi alam, katanya.

Ditempat terpisah Humas PT PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Bogor, Boyke Adam, mengungkapkan akibat dari kejadian itu mengakibatkan terganggungya pendistribusian aliran listrik ke Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Kota Bogor dan Semplak, karena longsoran tanah tersebut membua kabel tegangan menengah berkapasitas 20 kilovolt mengalami perenggangan. Kabel tersebut merupakan jaringan untuk lima penyulang sebelum tiba ke kedua UPJ tersebut, ujarnya.

Ia juga meminta maaf kepada pelanggan karena aliran listriknya terganggu. “Sebetulnya kami ingin cepat selesai sehingga warga tidak terlalu lama aliran listriknya terganggu.(iso/mon)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner