kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
MASALAH KETENAGAKERJAAN HARUS DITANGANI SECARA SERIUS
Jumat, 23 April 2004 16:20
Penanganan masalah Ketenagakerjaan di Kota Bogor harus menjadi prioritas dan harus ditangani secara serius. Masalahnya, jumlah pengangguran setiap tahunnya terus meningkat, disisi lain jumlah lulusan sekolah yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang le

.

 

            Penanganan masalah Ketenagakerjaan di Kota Bogor harus menjadi prioritas dan harus ditangani secara serius.  Masalahnya, jumlah pengangguran setiap tahunnya terus meningkat, disisi lain jumlah lulusan sekolah yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi setiap tahunnya juga mengalami peningkatan.

            Oleh karena itu para pencari kerja dituntut untuk terus berusaha meningkatkan keterampilan diri, khususnya dalam memanfaatkan pengetahuan dan teknologi. Di lain pihak Pemerintah Kota Bogor berkewajiban membantu masyarakat untuk bisa memperoleh pendidikan yang memadai,? Jadi,jangan harap hanya berbekal ijazah yang diperolehnya bisa memperoleh pekerjaan tanpa memiliki keterampilan sesuai kebutuhan pasar kerja, ?ujar Walikota Bogor Drs.H.Diani Boediarto ketika meresmikan Gedung Balai Latihan Kerja di Batu Tulis Bogor Selatan Kota Bogor, Jum?at (16/4).

            Menurut Diani, gedung Balai Latihan Kerja di bangun dengan tujuan utama untuk membantu masyarakat, khususnya calon tenaga kerja memperoleh pendidikan berbagai jenis keterampilan. Pada kenyataannya pendidikan keterampilan memang diperlukan karena calon tenaga kerja perlu memiliki bekal yang cukup sebelum terjun memasuki dunia kerja sehingga diharapkan dengan bekal pendidikan para calon tenaga kerja, kelak bisa memperoleh kesempatan untuk menjadi karyawan sebuah perusahaan atau memanfaatkannya untuk berwiraswasta.

            Sebenarnya lanjut Diani, dengan berbekal keterampilan banyak terobosan untuk bisa kerja mandiri sehingga secara otomatis bisa menghasilkan uang. ?Saya lihat  sebenarnya  sampah juga bisa menghasilkan uang, ?kata Diani secara mencontohkan sedikit sedikit para pemulung sampah yang telah mempunyai penghasilan yang berkecukupan.

            Oleh karena itu Diani berharap, khususnya kepada para pencari kerja jangan hanya berangan-angan ingin menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), atau bisa diterima bekerja di Pemda yang hanya menjadi tenaga kontrak. ?Tapi bagaimana caranya bisa bekerja dengan mandiri atau berusaha  dengan berbekal keterampilan yang diperolehnya,?katanya.

            Sementara itu Kepala Kantor Tenaga Kerja Kota Bogor Asep Ruchyatna mengatakan, pendirian kursus latihan kerja merupakan suatu sarana dalam upaya peningkatan keterampilan kerja para calon tenaga kerja di wilayah Kota Bogor. BLK ini dibangun setelah melihat kondisi yang ada selama ini banyak para lulusan setingkat SLTA yang tidak mampu masuk kedalam dunia kerja karena keterhalang oleh keterampilan yang dimiliki, disamping dalam upaya perluasan kesempatan kerja.

            Menurut Asep, dalam kurikulum KLK dianut sistim link and match artinya, mencoba memberikan jenis kursus yang berorientasi pada pasar kerja, khususnya membina para tenaga muda untuk memiliki jiwa kewirausahaan dengan harapan mereka dapat membantu menggerakan roda ekonomi pada level terendah atau akar rumput, mengingat kondisi perekonomian saat ini belum begitu menjanjikan pada sektor informal.

            Seperti pada saat ini kondisi kesempatan kerja pada sektor informal di wilayah Kota Bogor sangat rendah, akan tetapi pada sektor informal sudah mulai ada pertumbuhan yang menggairahkan. Untuk mengisi kekosongan inilah diharapkan lulusan KLK dapat masuk pasar kerja.

 

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner