Banner
KEBUN WISATA ILMIAH CIMANGGU SIAP DUKUNG KEPARIWISATAAN KOTA BOGOR.
Kamis, 11 Maret 2004 07:00
Kebun Wisata Ilmiah (KWI) yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar Cimanggu Bogor siap mendukung Kepariwisataan di Kota Bogor

            Kebun Wisata Ilmiah (KWI) yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar Cimanggu Bogor siap mendukung Kepariwisataan di Kota Bogor. Kebun yang luasnya 4 hektar tersebut saat ini ditanami oleh 276 jenis tanaman yang tergolong ke dalam tanaman perkebunan atau tanaman industri. ?Adanya KWI di Kota Bogor siap mendukung Kepariwisataan di Kota Bogor, ?kata kepala Balitro (Badan Penelitian, rempah dan obat) Dr.Ir. Moride Rizal pada acara Silaturahmi Walikota Bogor  bersama tokoh masyarakat, Alim Ulama, Pengurus RT/RW dan Kelurahan di wilayah Cimanggu di Lokasi Kebun Wisata Ilmiah Cimanggu Bogor, Minggu (7/3).

           

             Meskipun KWI milik Pemerintah Tapi juga milik masyarakat Cimanggu dan sekitarnya. Pada dasarnya kebun ini dirancang sebagai Kebun koleksi plasa nuftah tanaman industri yang merupakan bahan dasar untuk penelitian dan pengembangan mencari tanaman-tanaman unggul dari perkebunan untuk membantu para petani khususnya perkebunan di tanah air, ? kata Moride.

           

            Lebih lanjut Moride mengatakan, dalam mengantisipasi modernisasi dan penerapan otonomi daerah, KWI segera akan ditata lagi dan ditambah fungsinya sehinga nantinya akan menjadi kawasan wisata Agro. ? Cita-cita kita mudah-mudahan menjadi aset wisata yang berharga, khususnya bagi masyarakat Cimanggu dan Pemerintah Kota Bogor, ?katanya seraya menambahkan, bahwa pihaknya siap mempromosikan baik dilingkup Nasional maupun Internasional. 

           

            Diungkapkan, KWI telah mendapat dukungan dari Komisi Nasional Platsa nutfah pertanian. Kemudian pada tahun 2003 dengan mendapat dukungan Sekretariat Jendral Pertanian dan atas Kebijakan Walikota Bogor dan telah dilakukan upaya-upaya perbaikan didalam lokasi KWI berupa perbaikan sistim irigasi.

           

            Mengenai jumlah Kunjungan Kepala Balitro Moride Rizal mengutarakan, bahwa selama tahun 2003 lalu KWI telah dikunjungi 2.300 pengunjung termasuk para pelajar mulai dari TK sampai Sekolah lanjutan tingkat Atas. Kedepannya  di areal ini selain akan menjadi taman wisata Ilmiah juga wisata buah terutama buah manggis dan jambu biji termasuk wisata tanaman rempah dan obat.  Diantara tanaman obat yang berada di KWI ada lima jenis  tanaman untuk pencegahan demam berdarah yaitu kunyit, temu ireng, jambu dan  meniran.

           

            Sementara itu Walikota Bogor HR.Iswara Natanegara, SH menyatakan, pihaknya siap mendukung upaya dari Balitro dalam pengembangan KWI menjadi kawasan wisata agro. ?Pemkot siap membantu dalam Infrastruktur khususnya dibagian luar yang menuju Kawasan wisata tersebut, ? katanya.

 

 

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner