Beranda >

Berita > 1.200 Pesilat Bertanding di BSC Series 1 2018


13 Januari 2018

1.200 Pesilat Bertanding di BSC Series 1 2018

Sebanyak 1.200 peserta yang terdiri dari 868 kategori dari Kota dan Kabupaten seperti Bekasi, Sukabumi, Purwakarta dan Bogor ikut ambil bagian dalam kejuaraan Bogor Silat Championship (BSC) Series 1 tahun 2018 di GOR Pajajaran, Kota Bogor, 13-14 Januari 2018.

Acara yang baru dilakukan pertama kalinya ini diinisiasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor bersama Komunitas Uncal Bogor dan secara resmi dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Eko Prabowo mewakili Wali Kota Bogor Bima Arya, Sabtu (13/01/2018).

Eko dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada keluarga IPSI Kota Bogor yang telah menyelenggarakan kejuaraan BSC Series 1 tahun 2018 dan mendapatkan animo luar biasa dari para pendekar cilik, pendekar penerus maupun pendekar yang sudah remaja untuk mengikuti kejuaraan ini.

“Mudah-mudahan inisiasi dari IPSI Kota Bogor ini membuahkan hasil yang luar biasa, tidak lain tidak bukan yaitu ingin mempercayakan kepada generasi muda untuk mempertahankan pencak silat, bahkan hingga menjadi juara dunia,” terangnya.

Menurut Eko, pencak silat merupakan olahraga asli dari leluhur atau nenek moyang terdahulu. Ia berharap ada output yang bisa diambil karena pihaknya dalam hal ini bisa menjaring atlet-atlet silat usia dini untuk diikutsertakan dalam kegiatan olahraga pelajar daerah yang akan diselenggarakan pada bulan April tahun ini.
“Nantinya kita bisa bersinergi dengan IPSI maupun KONI dan insan-insan silat yang ada di Kota Bogor maupun dipusat,” kata Eko.

Ketua IPSI Kota Bogor, Subono Widoyoko mengatakan, sedikitnya ada 1.200 atlet pencak silat yang mengikuti kejuaraan tersebut, ia merasa senang dan bangga karena diikuti ribuan atlet. “Kita ingin bersatu memajukan pencak silat," tegasnya.
 
Dikatakan Subono, bahwa dengan diadakannya kejuaran BSC Series 1 tahun 2018 diharapkan dapat melahirkan bibit atlet yang bisa berprestasi di ajang kejuaran nasional maupun internasional.
 
Selain itu kata dia, diharapkan  melalui kejuaran Bogor Silat BSC Series 1 tahun 2018 yang  diselenggarakan selama dua hari Sabtu hingga Minggu (13-14 Januari 2018) ini dapat melatih mental para bibit muda atlet pencak silat, terutama yang berasal dari Kota Bogor.
 
Ketua panitia dari komunitas Uncal Bogor Rodis Bayu Raharjo menyebut, kejuaraan BSC Series 1 tahun 2018 yang diikuti pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA ini sebagai salah satu event untuk menyalurkan energi positif para siswa di Kota Bogor daripada mereka melakukan tawuran.
Dikatakan Rodis, dengan mengangkat pencak silat salah satu bentuk khasanah budaya Indonesia agar bisa bersaing dengan seni bela diri lainnya yang notabenya berasal dari luar Indonesia.

"Alangkah baiknya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan pencak silat ini harus menjadi tenar di negeri sendiri,” jelasnya.

Kejuaraan Silat Championship Series 1 tahun 2018 ini akan memperebutkan tiga kategori juara, yakni piala Wali Kota Bogor untuk kejuaraan tingkat SMA, piala KONI untuk tingkat SMP dan piala Dispora untuk tingkat SD. (Ismet-SZ)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk