Beranda >

Berita > Pemprov Jabar Gelar 'Kominfo Award 2017'


14 September 2017

Pemprov Jabar Gelar 'Kominfo Award 2017'

BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) menggelar kegiatan bertajuk 'Kominfo Awards 2017', yang bertempat di Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (13/09/17).

 

Kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberikan apresiasi, atau penghargaan terhadap pelaku Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta peran- peran kelompok informasi sebagai penerang masyarakat.

 

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan penghargaan penting adanya untuk memberikan perhatian, semangat, serta dorongan supaya para pelaku Teknologi Informasi bisa tampil lebih baik pada segala aspek terkait.

 

Aher juga menambahkan, 'e-goverment' Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sudah masuk dalam kategori baik, terutama dalam hal e- Tendering, Jabar menjadi pelopor di seluruh indonesia karena satu satunya Provinsi yang secara konsisten menjalankannya.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, Aher pun mendorong seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat, untuk terus memperbaiki sistem yang ada terutama pelayanan informasi terhadap masyarakat.

 

"Harus ada sistem yang berjalan,  baik untuk melayani masyarakat, ataupun sebagai sarana pengawasan terhadap kinerja  aparatur kita. Sekarang kan  jamannya sudah serba elektronik sitemnya, maka dari itu kedepan, kita akan terus upaya memperbaiki sistem yang ada untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat serta menyanjikan berbagai informasi yang bisa diakses secara 'real time'," katanya.

 

Berikut secara lengkap daftar pemenang untuk berbagai kategori Kominfo Award Tahun 2017, dimana penghargaannya telah disampaikan oleh Kadiskominfo, Asisten Pemerintahan dan Kesra, dan oleh Gubernur Ahmad Heryawan.

 

Lomba Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ; Juara 1, KIM Kabupaten Bekasi ; Juara 2, KIM Cipedes Kota Bandung; Juara 3, KIM Kabupaten Cianjur. Lomba Kelompok Seni Pertunjukkan Rakyat (Petuntra) : Juara 1, Petuntra Kab.Bogor ; Juara 2, Petuntra Kab.Bandung, dan Juara 3, Petuntra Kab.Cirebon. Lomba Komunitas Relawan TIK : Juara 1, Bandung Barat ; Juara 2, Kota Bandung, dan juara 3, Kota Sukabumi. Lomba Inovasi LPSE : untuk kategori inovasi, juara 1, Kab.Bandung Barat; jura 2, Kota Depok;juara 3, Kota Bogor. Untuk kategori inspirasi inovasi IT diraih LPSE Kota Bandung. 

 

Lomba pembuatan logo jabar smart province diraih oleh Husnul Yaqin. Lomba aplikasi inovatif : kategori SMA/SMK, diraih oleh SMK ICB Cinta Teknika Bandung. Untuk tingkat mahasiswa, juara 3,  juara 1, Universita Majalengka; juara 2, ITB Bandung; juara 3, STT YBSI Tasikmalaya. Untuk masyarakat umum : juara 1, Yayasan Ma'had Usyaqil Qur'an (Aplikasi Rub in); juara 2, UNIKOM (Aplikasi Sallution) dan juara 3, UNIKOM (Aplikasi Tanah Airku).

 

Lomba Aplikasi Inpres 10 Tahun 2016 tentang Pencegahan Pemberantasan Korupsi : untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota : juara 1, Kota Bekasi; juara 2, Kab.Sumedang; juara 3, Kota Bandung. Untuk kategori perangkat daerah Prov.Jabar : juara 1, RS Jiwa Provinsi Jawa Barat; juara 2, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang; juara 3, Dinas Komunikasi dan Informatika.

 

Kemudian, Lomba website : untuk kategori Pemda Kab/Ko : juara 1, Kab.Tasikmalaya; juara 2, Kab.Bogor; juara 3, Kota Bandung. Untuk kategori perangkat daerah Prov.Jabar : juara 1, Dinas Sosial; juara 2, Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga; juara 3, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Untuk kategori lomba website perangkat daerah Prov.Jabar most improved, dimenangkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan. Untuk kategori most engaged, dimenangkan Dinas Perkebunan. Kemudian, untuk kategori sectoral acheivmen, dimenangkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu.

 

Penyerahan penghargaan, tropy dan hadiah dilakukan langsung Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, didampingi Kepala Diskominfo Prov.Jabar Hening Widiatmoko, Asisten Pemerintahan dan Kesra Koesmayadie Tatang Padmadinata.

 

Kepala Diskominfo Jawa Barat Hening Widyatmoko menuturkan, penghargaan Kominfo Jabar Award 2017 diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh pelaku TIK dan Komunikasi Pertunjukan Rakyat di tingkat Provinsi Jawa Barat. Diskominfo juga turut memberikan penghargaan kepada Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). 

 

Kadiskominfo Jabar, Hening menuturkan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memacu pelaku TIK untuk berkompetisi dan selanjutnya berdaya saing. Hening pun manyebutkan, Pemerintah bisa menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan pelayan publik. 

 

Sementara itu, terkait Kegitan Kominfo Award 2017, merupakan kegiatan tahunan rutin yang dilaksanakan Dinas komunikasi dan informasi (DISKOMINFO) Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat baik lembaga, komunitas atau masyarakat perseorangan.(dikutip Humas Kota Bogor)

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk