kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
PROFIL DLLAJ

ALAMAT KANTOR :
Jl. Raya Tajur No. 54
Telepon :(0251)  8332302

Email : Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

__________________________________________________________________________________________________ SEJARAH SINGKAT

Unit kerja yang membidangi lalu lintas dan angkutan Kota Bogor sudah berdiri sejak tahun 1942 sebelum bangsa Indonesai merdeka, pada waktu itu unit kerja yang membidangi hal tersebut mendapat istilah WEG VARKEERS yang artinya Pengaman Jalan. Kemudian pada tahun 1942 – 1945 Depertemen WEG VARKEERS berubah menjadi Depertemen Jawatan Mobil dan berkembang menjadi Jawatan Angkutan. Ditahun ini pula Jawatan Angkutan berkembang menjadi bagian dari Departemen Pekerjaan Umum yang bernama Jawatan Angkutan Darat Bermotor.

Pada tahun 1945 – 1949 Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) termasuk pada bagian Kementrian Perhubungan dengan istilah Jawatan Angkutan yang mempunyai tugas melakukan pembinaan angkutan darat dan angkutan sungai, kemudian berubah menjadi Angkutan Lalu Lintas Jalan.

Dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1990 Tentang Penyerahan sebagaian urusan – urusan Pemerintah dalam bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kepada Pemerintah Daerah Tingkat II serta Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 1993 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Daerah Tingkat II, maka telah dikeluarkan Peraturan Daerah Kotamadya Bogor Nomor 7 Tahun 1996 Tentang Pembentukan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kotamadya Bogor.

Selanjutnya berdasarkan Perda No. 13 Tahun 2004 tentang Organisasi Perangkat Daerah, sebagai penyempurnaan organisasi DLLAJ Kota Bogor yang lama yang saat ini telah berjalan. Perda No. 13 Tahun 2008 tentang  Strukur Organisasi Perangkat Daerah Kota Bogor, telah dibentuk organisasi baru bernama Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Bogor

Selanjutnya berdasarkan Perda No. 03 Tahun 2010 tentang Organisasi Perangkat Daerah, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika  Kota Bogor kembali bernama Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Bogor sampai saat ini.
__________________________________________________________________________________________________

VISI

“ Terwujudnya Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib, Lancar dan Selamat ”

Sedangkan maksud  dari  visi tersebut antara lain :

a.  Tertib      :      Terciptanya disiplin berlalu lintas di jalan sesuai dengan peraturan yang berlaku;

b.  Lancar     :     Keluaran jasa Transportasi memiliki efektifitas yang tinggi untuk mencapai tujuan;

c.  Selamat   :     Keluarnya jasa lalu lintas dan angkutan tidak menimbulkan kerawanan, kecelakaan lalu lintas.

Pengembangan dan pembinaan lalu lintas dan angkutan diharapkan dapat mendukung pembangunan sistem transportasi yang lebih baik untuk lebih mengoptimalkan sistem pergerakan dan mobilitas angkutan scara keseluruhan. Upaya-upaya Menejemen dan Rekayasa Lalu Lintas dan pengaturan perlu dikembangkan dan ditingkatkan dengan memanfaatkan kondisi pola jaringan jalan dan kepadatan lalu lintas yang spesifik di Kota Bogor.

Dalam upaya mewujudkan sistem transportasi terpadu, ditempuh kebijaksanaan pengembangan pola keterpaduan antar intermoda angkutan dengan mempertimbangkan karakteristik wilayah, kondisi geografis, potensi sumber daya alam, ketersediaan sumber daya manusia, potensi pembamgunan sumber lainnya dan pemilihan teknologi yang tepat. Salah satu instrumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan aspek transportasi yang terpadu adalah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

__________________________________________________________________________________________________

MISI

Adapun Misi Dinas LLAJ Kota Bogor adalah mengembangkan dan mengoptimalkan penggunaan ruang kegiatan :

1. Menyediakan Prasarana dan Fasilitas Lalu Lintas

2. Menyediakan Sarana Angkutan yang Memenuhi Persyaratan Teknis dan Laik Jalan

3. Meningkatkan  Disipilin dan Etika Berlalu Lintas

4. Meningkatkan Kinerja Angkutan Umum yang Handal dan Terjangkau

5. Meningkatkan SDM yang Profesional dan Bertanggungjawab

Misi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Kota Bogor yang merupakan penjabaran dari visi Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Bogor dirumuskan sebagai berikut:

1. Meningkatkan penggunaan ruang lalu lintas dan menyediakan simpul transportasi untuk mengantisipasi dan merespon secara positif mobilitas lalu lintas melalui misi pertama yaitu mengembangkan dan mengoptimalkan penggunaan ruang lalu lintas. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dan peningkatan / pembangunan prasarana angkutan umum.

2. Ditetapkan pelayanan angkutan umum di Kota Bogor dapat membuktikan pelayanan yang optimal ditinjau dari aspek kualitas pelayanan, aksesibilitas trayek angkutan umum, tarif yang terjangkau dan tersedianya sarana angkutan umum yang memadai.

3. Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor yang optimal, diharapkan keseluruhan fasilitas alat uji dapat di fungsikan sesuai dengan peruntukannya guna mendukung terjaminnya kendaraan bermotor yang laik teknis dan laik jalan. Diharapkan juga dapat sebagai salah satu pelayanan yang dapat memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor.

4. Terciptanya lalu lintas yang tertib perlu ditunjang dengan perangkat dan produk hukum yang memadai, disertai dengan penegakan hukum yang tegas. Oleh karena itu perlu didukung dengan personil yang memadai dan memiliki kualifikasi di bidang penegakan hukum.

5. Guna mendukung tercapainya Misi Dinas LLAJ Kota Bogor, SDM perlu mendapat perhatian untuk ditingkatkan kemampuan dan pengetahuannya. Kebutuhan pesonil dalam teknis lalu lintas dan angkutan jalan, sebagai salah satu aparat penegak hukum di bidang lalu lintas perlu di bekali pengetahuan dan kemampuan untuk dapat senantiasa mengatur kelancaran lalu lintas sebagai program jangka pendek.

Untuk ikut serta mempertahankan kualitas lingkungan di wilayah Kota Bogor, Dinas LLAJ Kota Bogor didalam pelaksanaan penyelenggaraan dan pengawasan pembangunan prasarana jalan dan fasilitas pendukungnya, serta pembangunan lain yang terkait dengan jalan harus tidak mengganggu fungsi dan peran jalan guna kelancaran lalu lintas yang tertib, lancar dan selamat. Selain hal tersebut melalui pengujian emisi gas buang didalam pelaksanaan pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor dan sosialisasi didalam penggunaan bahan bakar berpolutan rendah melalui Program Langit Biru, Dinas LLAJ Kota Bogor ikut berperan serta didalam menciptakan kualitas udara yang segar dan bebas dari polusi.

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner