Banner
Walikota Bogor Pimpin Raker Korwil III APEKSI 2013
Kamis, 18 April 2013 14:37

Walikota Bogor Diani Budiarto memimpin Sidang Pleno I dalam Raker Komwil III APEKSI 2013 yang digelar di Hotel Royal Bogor, Kamis (18/4/2013). Sidang Pleno I  dihadiri oleh 25 Pemerintah Kota se-wilayah III.

Sidang pleno diisi dengan paparan materi yang senapas dengan tema Raker "Menyikapi Tahun Politik dengan Pemerintah Daerah yang Demokratis,Transparan dan Akuntabel".  Materi kedua disampaikan oleh Asisten Deputi Pelayanan Publik Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia Togar Arifin Silaban. Togar memberikan materi perihal Transparansi dan Akuntabilitas Untuk  Mendukung Pemerintah Daerah yang  Demokratis.

Togar mengatakan bahwa selama ini pemerintah daerah mengemban tugas. Selama ini masyarakat mencap pemerintah sebagai birokrasi korup, pelayanan publiknya buruk, tidak efisien, dan tidak tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.

Sebelumnya Plt. Ketua Komwil III APEKSI Airin Rachmi Diany menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan 2012.

Airin mengatakan bahwa sejak era reformasi, daerah diberikan kewenangan untuk mengatur rumah tangganya sendiri. Hal ini tentu saja memerlukan responsivitas dan kesiapan daerah dalam mensikapinya. Bentuk kesiapan itu antara lain adalah SDM, Saran dan Prasarana, Regulasi, Sumber-sumber Keuangan, Kelembagaan dan lain sebagainya.

“Kunci utama keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan adalah kemampuan para penyelenggaranya untuk tanggap (responsive) terhadap dinamika permasalahan yang dihadapi dan potensi yang tersedia. Pemerintah harus cepat membaca dinamika politik,



sosial dan ekonomi yang berkembang di masyarakat, dan mengkaitkannya dengan setting di tingkat lokal, nasional dan global, sehingga para pelaku pemerintahan bisa merumuskan strategi yang tepat dalam menjamin kepentingan umum,” ujar Airin.

Ke depan, tanggung jawab pemerintah daerah makin besar karena kewajiban daerah untuk memberikan pelayanan umum yang semakin meningkat. Sementara alokasi untuk  belanja tidak langsung khususnya untuk menopang kenaikan gaji pegawai semakin meningkat. Padahal sumber keuangan daerah semakin terbatas. (dian/gus)

 


Berikut ini Indikator Reformasi Birokrasi :

 

No

Indikator

Base line

2009

Target

2014

Realisasi

2012

1

IPK

2,8

5,0

3,2

2

Opini BPK: WTP (pusat)

42,17%

100%

77%


(daerah)

2,73%

60%

16%

3

Integritas pelayanan publik: (pusat)

6,64

8,0

6,86


(daerah)

6,46

8,0

6,32

4

Peringkat “Doing Business”

122

75

128

(dari 185)

5

Instansi pemerintahan yg akuntabel

24%

80%

75,76%

 


 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner