Banner
628 Pramuka Unjuk Kebolehan LBB Koloni Tongkat
Sabtu, 23 Maret 2013 12:44

Sebanyak 628 peserta Pramuka Penggalang  dari 20 pangkalan SD/MI, dan 19 pangkalan SMP/MTs mengikuti Lomba Baris Berbaris (LBB) Koloni tongkat Pramuka yang digelar di Plaza Balaikota Bogor, Sabtu (23/3/2013).

Lomba dibuka Walikota Bogor Diani Budiarto dihadiri  Unsur Muspida Kota Bogor, Kepala Dinas Pendidikan Fetty Qondarsyah, Kepala Kantor Pemuda dan Olah Raga (Kanpora) Taufiqurrahman, dan Asisten Tata Praja Sekretariat Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor.

Walikota Bogor H. Diani Budiarto, memandang kegiatan ini sebagai bagian dari langkah berkesinambungan jajaran kwarcab gerakan pramuka Kota Bogor atas dua pertanyaan yang sering terolntar terkait gerakan pramuka.

Dua pertanyaan dimaksud, kata Diani, pertama adalah tentang bagaimana gerakan pramuka dapat berperan maksimal sebagai sarana yang dapat digunakan untuk menampung banyak pelajar agar dapat terus berkreasi secara positif.

Kedua adalah tentang bagaimana gerakan prmuka mampu berkreasi dan berinovasi dalam melahirkan kegiatan-kegiatan yang kemabli mampu menarik minat para pelajar.

Menurut Diani, kedua pertanyaan mendasar ini sering mengemuka ke permukaan, karena kita mafhum ada pergeseran cara pandang sebagian besar para pelajar terhadap gerakan pramuka.

Diani mengatakan, jika menengok kebelakang, maka kita akan menemukan rangkaian fakta bahwa para pelajar kita sebagian besar adalah mereka yang secara sukarela mengikuti pramuka. Beda halnya dengan kondisi sekarang ketika sebagian besar pelajar kurang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan gerakan pramuka.

“Ini tentu saja menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diurai karena pada saat yang sama, gerakan pramuka diharapkan berperan dalam mengantisipasi aus globalisasi yang semakin deras menghampiri sebagian besar pelajar, “kata Diani.

Oleh karena itu, Walikota mengharapkan, dengan kegiatan ini dapat terus mampu mendorong banyak pelajar agar mau dekat, lalu mengenal, dan akhirnya semakin mencintai berbagai akttivitas kepramukaan.



Sementara itu, Ketua Penyelenggara Maman Suherman melaporkan, lomba Baris Berbaris (BB) Koloni Tongkat Tingkat Pramuka Penggalang SD/MI, SMP/MTs Se-Kota Bogor diikuti 628 orang dengan peserta Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SD/MI, dan SMP/MTs se-Kota Bogor yakni 20 pangkalan SD/MI, dan 19 pangkalan SMP/MTs.

LBB Koloni Tongkat Pramuka akan memperebutkan Piala tetap Walikota Bogor, Ketua Kwarcab Kota Bogor, Kepala Dinas Pendidikan, Ketua DPRD, Dandim 0606  Kota Bogor. Selain itu piala juga disediakan tetap Kapolres Bogor Kota.

Nantinya yang berhasil meraih juara I berhak mengikuti pendaftaran siswa didik baru ke SMP, SMA, SMK Negeri di Kota Bogor melalui jalur prestasi Pramuka.(met/gus)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner