kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Pemkot Bogor Usulkan Rp3 Miliar Untuk Penyertaan Modal PT Jamkrida
Selasa, 26 Februari 2013 18:22

Pemerintah Kota Bogor menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyertaan modal PT Jamkrida Jawa Barat kepada DPRD Kota Bogor, dalam rapat paripurna DPRD yang dipimpin Ketuanya Muftin Faoqi di gedung DPRD  Kota Bogor, Senin (25/2/2013).   Sedangkan nilai penyertaan modal yang diusulkan dalam raperda sebesar Rp3 miliar.

Walikota Bogor Diani Budiarto menjelaskan, keberadaan PT Jamkrida Jabar didasarkan pada Peraturan Daerah Jawa Barat No:9 tahun 2011 tentang Perusahaan Penjamin Kredit Daerah Jawa Barat.  Pada pasal 4 perda  tersebut dijelaskan, bahwa PT Jamkrida Jabar dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan pendanaan dan memperlancar kegiatan ekonomi, khususnya Koperasi dan UMKM agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteran masyarakat.

Diani mengatakan, bahwa tujuan pembentukan perusahaan ini  yaitu memberikan jasa penjaminan kredit kepada Koperasi dan UMKM, meningkatkan ekonomi daerah dan memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Selanjutnya, pada pasal 5 perda tersebut disebutkan, modal dasar perusahaan sebesar Rp300.000.000.000,- dan modal tersebut disediakan dan dipenuhi para pemegang saham sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tentang pemegang saham  PT Jamkrida, didalam pasal 6 petrda tersebut dijelaskan yaitu Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan komposisi saham paling sedikit 51 % dan pemegang saham lainnya paling tinggi sebesar 49 %.

“Yang dimaksud para pemegang saham sesuai bunyi penjelasan pasal 6 Perda Provinsi Jawa Barat No : 9 tahun  2011 bisa terdiri dari Kota/Kabupaten, BUMN, BUMD atau Badan Usaha Milik Swasta, “ urai Diani.

Oleh karena itu Walikota memandang perlu memberikan dukungan terhadap PT Jamkrida Jabar, karena pada sisi lain Pemerintah Kota Bogor memiliki kewajiban untuk membantu mendorong pertumbuhan aktivitas ekonomi yang dilakukan Koperasi di Kota Bogor yang kini jumlahnya mencapai  773, dan UMKM jumlahnya mencapai 36.951, dengan tenaga kerja yang terserap  kurang lebih sebanyak 58.249 orang.

Diani menngungkapkan,  dari sekian UMKM di Kota Bogor diperkirakan hanya sekitar 10 % saja yang sudah mempunyai akses ke Perbankan untuk memperoleh kredit usaha (bankable-red) dan sisanya yang lebih banyak justru masih kesulitan untuk bisa mengakses  perbankan atau sulit mengajukan kredit kepada bank.

Oleh karena itu,  lanjut Diani, kepada UMKM yang kesulitan memperoleh akses ke perbankan, Pemerintah Kota Bogor  siap memberikan bantuan dengan cara memberikan jaminan kepada pihak bank yang akan memberikan kredit kepada UMKM dengan jaminan atas kredit yang diberikan oleh PT Jamkrida Jabar yang sebagian sahamnya akan dimiliki  oleh Pemerintah Kota Bogor.

Tentang seberapa banyak jumlah UMKM di Kota Bogor yang kreditnya bisa di jamin, Diani mengatakan,  nantinya PT Jamkrida Jabar akan menyesuaikan dengan jumlah penyertaan modal yang dimiliki Pemerintah Kota Bogor.

Diani  mengusulkan, nilai penyertaan modal sesuai yang direcanakan dalam raperda, sebesar Rp3 miliar atau sebesar 1 % dari nilai modal PT Jamkrida atau sama dengan 300 lembar saham.  

“Kami berharap usulan tentang penyertaan modal pada PT Jamkrida Jabar bisa mendapatkan dukungan dari seluruh anggota DPRD Kota Bogor, karena tindakan penyertaan modal membutuhkan payung hukum dalam bentuk peraturan daerah, “  kata Diani.(yan)



 

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner