Banner
91.850 Balita di Kota Bogor Sasaran Bulan Penimbangan Balita
Rabu, 29 Agustus 2012 17:20

Walikota Bogor membuka Rapat Koordinasi Bulan Penimbangan Balita Tingkat Kota Bogor Tahun 2012 di Ruang Rapat III Balai kota Bogor, Rabu (29/8/2012)  Rakor membahas tentang persiapan pelaksanaan  BPB ( Bulan Penimbangan Balita) tingkat Kota Bogor.

 

Walikota Bogor Diani Budiarto menjelaskan, kegiatan BPB yang secara rutin di laksanakan setiap tahunnya diseluruh Kota/ Kabupaten di Jawa Barat sejak tahun 1997.

Kegiatan ini  bertujuan untuk mendapatkan data mutakhir jumlah balita menurut kelompok umur, serta jumlah balita usia dibawah 2 tahun dari keluarga miskin yang perlu mendapatkan MP-ASI, pemetaan status gizi balita, peningkatan cakupan pemberian Vitamin A  dosis tinggi, menyusun strategi intervensi penanggulangan masalah gizi, balita tepat jumlah tepat sasaran, pemantauan pemakaian garam beryodium di masyarakat.

Berdasarkan proyeksi jumlah penduduk terdapat  91.850 balita di Kota Bogor.  Dari data tersebut terjadi peningkatan kasus gizi buruk dari tahun 2010, 2011 sampai Januari 2012.

Pada tahun  2010 tercatat sebanyak 296 balita, tahun 2011 meningkat menjadi 555 balita dan selama Januari sampai Agustus 2012 bertambah,  dengan ditemukannya 22 balita yang terkena gizi buruk.

“Kami berharap  kepada masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan posyandu untuk menekan penderita  gizi buruk di setiap kecamatan, “ kata Diani.



Selain itu Diani  meminta kepada para para Camat untuk mencari solusi terbaik  dalam mengatasi masalah gizi buruk dkiwilayahnya. “Camat merupakan aparat terdepan di wilayah,  sehingga harus pro aktif melakukan pendekatan dengan masyarakat di wilayah, “ tandasnya.

Dalam Kegiatan BPB  selain kegiatan penimbangan juga pemberian Vitamin A secara gratis di 950 posyandu yang tersebar di Kota Bogor.

Rakor diikuti Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dr. Rubaeah, Kabid Kesga (Kesehatan Keluarga)  pada Dinas Kesehatan Kota Bogor Dr. Sri Pinantari Hanum, M.Kes, selaku  Ketua Panitia penyelenggara BPB,  para Camat, para Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan,  Kepala Puskesmas, dan  Dinas instansi terkait lainnya  (rin/man/ni-pkl)

Ediotor : yan
Foto : gus


 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner