Banner
Wujudkan Gemar Membaca Melalui Pembangunan Perpustakaan dan Promosi
Kamis, 02 Agustus 2012 16:43

Untuk meningkatkan minat baca serta mewujudkan kegemaran membaca masyarakat Indonesia, perlu dilakukan penguatan dan pembangunan perpustakaan serta promosi nasional gemar membaca. Hal tersebut tertuang  dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2009 – 2010.

 

Mengacu pada RPJM  (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) tersebut, Perpustakan Nasional telah mencanangkan visinya yaitu“ Terdepan dalam informasi pustaka, menuju Indonesia gemar membaca”. Penjelasan tersebut disampaikan Sri Sularsih, Kepala Perpustakaan Nasional pada Takl Show Minat Baca yang menghadirkan Andy F Noya d kemuning Gading, Kamis (2/7/2012).

Menurut Sularsih, seperti di negara-negara maju, membaca sudah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat. Di tempat umum sekalipun, mereka lebih banyak melakukan aktifitas membaca dibanding mengobrol. Masyarakat di negara-negara maju, sudah menyadari betapa pentingnya membaca karena membaca dapat membuka wawasan lebih luas. Oleh karena itu, Pepustakaan Nasional ingin menjadikan masyarakat Indonesia yang cerdas, inovatif, produktif dan kompetitif.

”Kami harapkan kehadiran Andy F. Noya, tidak sekedar kegiatan seremonial, melainkan harus menjadi titik awal pergerakan untuk lepas landas dalam mengurangi kebodohan dan kemiskinan.” kata Sri Sularsih dalam sambutannya.




Membangun budaya masyarakat yang gemar membaca, menurutnya tidaklah mudah dan instan, tetapi memerlukan proses, waktu dan keseriusan penanganan bersama yang dilandasi dengan komitmen yang kuat antara aparat pemerintah dan masyarakat.  


Sri Sularsih juga mengimbau kepada pemerintah daerah bersama masyarakat untuk membangun atau memperkuat perpustakaan umum kabupaten/kota dan perpustakaaan desa/kelurahan atau perpustakaan komunitas.(man/nda-pkl/gus)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner