Banner
Operasi Katarak Gratis, Warga Bogor Di Screening
Senin, 28 May 2012 19:05

Menjelang peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-530, Bank Mata Cabang Kota Bogor menggelar operasi Katarak gratis bagi warga kurang mampu di Kota Bogor. Warga Bogor sejak pukul 08.00 WIB sudah berkumpul di Aula Kecamatan Bogor Timur, Jalan Pajajaran Bogor untuk menjalani screening, Senin (28/5/2012).

 

Dr. Adhari dari Dinas Kesehatan Kota Bogor menjelaskan screening atau pemeriksaan awal ini merupakan salah satu langkah pertama untuk mengecek kondisi mata dari warga yang akan dioperasi. Syarat medis yang harus dipenuhi yaitu tensi darah dan gula darah normal, lensa mata sudah mulai keruh dan berwarna putih.

“Selain itu warga juga harus memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan setempat,” jelas Dr. Adhari saat ditemui di tengah-tengah proses pemeriksaan.
Bila lolos screening tahap awal ini, selanjutkan warga akan direkomendasikan untuk menjalani operasi katarak oleh Bank Mata. Namun Bank Mata juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan. “Ini baru screening awal. Nanti di Bank Mata akan di screening ulang,” lanjut Adhari.

Ditambahkan oleh Endang S, kader PKK Kecamatan Bogor Timur, hingga Senin pagi pukul 09.30 sudah tercatat sebanyak 85 warga yang mendaftarkan diri untuk menjalani operasi karatak. Endang menjelaskan bahwa kader PKK setempat sebelumnya sudah mendata warga yang memiliki keluhan katarak.

Sebelumnya, sebanyak 29 warga kurang mampu mendapat pelayanan operasi katarak dari Perkumpulan Penyantun Mata Tuna Netra Indonesia (PPMTI)  Bank Mata Cabang Bogor, di Gedung Bank Mata Cabang Bogor Jl. Dr. Semeru Bogor Barat, Jum’at (11/5/2012).

Ketua PPMTI/Bank Mata Cabang Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto mengatakan,  kegiatan ini merupakan bantuan dari  Bank Mata cabang  Kota Bogor yang diperuntukan bagi warga masyarakat Kota Bogor yang diprioritaskan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Menurut Fauziah, katarak banyak diderita warga Lansia (lanjut Usia). Mereka sangat membutuhkan kesehatan matanya. Oleh karena itu bagi warga yang ingin memperoleh informasi tentang pemeriksaan mata bisa datang ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan Kota Bogor. “Ini merupakan kesempatan berharga bagi warga Kota Bogor khususnya  yang membutuhkan pelayanan kesehatan mata,“ kata Fauziah.

Selain itu operasi katarak, juga akan dilakukan pemeriksaan mata kepada 60 orang kader PKK se – Kota Bogor atas bekerjasama  Bank Mata Cabang Bogor dan optik Jaya Tri.



Sementara itu Asisten Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bogor Edgar Suratman menyampaikan apresiasi kepada PPMTI  Bank Mata Cabang Bogor yang setiap tahun menggelar pelayanan operasi katarak gratis.

“Ini patut syukuri, kita berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan dalam rangka HJB, tapi juga dilakukan dalam kesempatan lainnya, “ kata Edgar  

Diharapkan,  dengan operasi katarak tingkat penglihatan warga Kota Bogor terutama  yang masih memiliki usia produktif  akan terbantu terutama warga yang tidak mampu.

 

Dr. Purnama SPm,  spesialis mata dari Tim Medis Bank Mata Pusat mengatakan, katarak merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kekeruhan pada lensa. Kebanyakan penyebabnya karena faktor usia.   (dian)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner