Banner
Gubernur Jabar Dukung Ngubek Setu Meriahkan HJB
Jumat, 04 May 2012 13:50

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung acara ngubek setu yang akan digelar di Situ Gede Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu 24 Juni mendatang. Acara ngubek setu atau menangkap ikan beramai-ramai akan digelar warga Kelurahan Situ Gede dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530 yang akan diperingati 3 Juni mendatang.

“Pak Heryawan siap mendukung acara ngubek setu. Dukungan itu disampaikan melalui istrinya Hj.Netty Prasetyani ketika berkunjung ke rumah kediaman budayawan dan seniman Tien Rostini Asikin atau Mak Ageung beberapa hari lalu, “ kata Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kelurahan Situ Gede Umar Sanusi usai menghadiri rapat persiapan HJB di Gedung DPRD Kota Bogor, Jum’at (4/5/2012).

Ia mengatakan, bentuk dukungan Gubernur Ahmad Heryawan seperti disampaikan oleh istrinya akan mengirimkan bantuan 2 ton ikan yang akan ditebar diarea  Situ Gede. “ Pak Gubernur siap membatu 2 ton ikan yang ditebar di Situ Gede, “ ujarnya.

Umar memastikan, ngubek setu kali ini akan meriah, apalagi kegiatan  tersebut akan dipadukan dengan program Provinsi Jawa Barat “ Gebernur Saba Lembur”, dengan pementasan wayang golek semalam suntuk oleh dalang Asep Sunandar Sunarya. “ Jadi, malamnya ada pentas wayang golek, siangnya kita gelar ngubek setu, “ tukas Umar.

Mengenai sudah sejauh mana kesiapan acara tersebut,  Umar Sanusi mengatakan, pihaknya segera menyiapkan segala kebutuhannya. Sebelum pelaksanaannya nanti warga akan menyiapkan rakit yang terbuat dari bambu. “Rakit akan dibuat oleh warga secara bergotong royong untuk para peserta ngubek setu. Sekitar 100 rakit kita butuhkan untuk para penangkap ikan. Rakit yang akan dibuat terbuat dari bambu sepanjang antara 4 sampai 5 meter dengan lebar antara 1 meter hingga 1,5 meter, “ terang Umar.


Situ Gede

Dijelaskam, peserta ngubek setu terbuka untuk umum. Para peserta  yang akan ikut berpartisipasi dipersilakan untuk mendaftarkan diri Sekretariat Panitia  Kantor Kelurahan Situ Gede dan Radio Sipatahunan di Jalan Pajajaran Bogor.

Ngubek setu beberapa tahun silam menjadi tradisi warga Situ Gede.  “Biasanya kegiatan ini digelar seminggu menjelang puasa. Kali ini kita kaitkan dengan HJB, “ ujar  Umar.

Setiap kegiatan ngubek setu lanjutnya,  selalu melibatkan ratusan warga tidak hanya yang datang dari Kota Bogor, tapi juga dari luar Kota Bogor. “ Ini akan menjadi pestanya rakyat Bogor, karena kegiatan  tersebut merupakan kali pertama dalam memeriahkan HJB. Selain itu kegiatan ini juga  bisa menjadi agenda wisata Kota Bogor, “ pungkasnya. (yan)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner