Banner
PKK RW 07 Kel.Kedung Badak Tanah Sareal Kembangkan Kebun Toga
Sabtu, 31 Maret 2012 17:34

Ibu- Ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga)  RW 07 Cimanggu Permai Kelurahan Kedung Badak Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor mengembangkan kebun tanaman obat (Toga) yang diberinama Puspa Sari.  Diatas lahan seluas 2000 meter2 ini ditanami 154 jenis tanaman obat.

 

Peresmian Kebun Toga  Puspa Sari tersebut dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto Sabtu (31/3/2012). Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Bogor Lilis,  Camat Tanah Sareal Loeloe Syafei, Lurah Kedung Badak Ateng M Subur, Ketua RW.07 Agus Suherman, PKK Kecamatan dan Kelurahan se Tanah Sareal, para kader posyandu, warga masyarakat RW 07 dan RW 06 dan para Ketua RT di  wilayah perumahan Cimanggu Permai.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto  menyampikan apresiasi kepada PKK RW 07 Cimanggu Permai Kelurahan Kedung Badak menggagas kebun toga, hal ini  sejalan visi dan misinya PKK salah satunya adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas Tanaman Keluarga dengan memanfaatkan pekarangan dan lahan hidup.

“Ini bukti nyata PKK yang pro aktif dalam segala sektor. PKK mulai  sampai tingkat paling bawah, dengan dasa wisamnya yang  RW dan  RT telah menorehkan suatu prestasi di bidang Pokja III yakni program peemanfaatan pekarangan atau lahan tidur, “ ungkap Fauziah.

Sebetulnya menurut Fauziah, kegiatan bukan merupakan program baru, karena disetiap Kelurahan sudah ada KWT (Kelompok Wanita Tani)., tetapi pengembangan Kebun Toga yang dilakukan PKK RW.07 Kedung Badak  merupakan yang pertama kalinya.

Ia berharap, dengan program Kebun Toga  akan memotivasi wilayah lainnya di Kota Bogor untuk memanfaatkan fungsi pekarangan atau lahan tudur yang merupakan lumbung hidup, warung hidup, dan apotik hidup.  “Kita berharap kedepannya dengan Kebun Toga akan bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat disekitarnya, “ tukasnya.

Sementara itu Ketua PKK RW 07 Kelurahan Kedung Badak Pipit Puspitasari mengungkapkan, tanaman obat Puspa Sari dirintis sejak bulan Mei 2011. Sedangkan pekerjaannya mulai bulan September 2011. “ Dengan semangat dan tekad yang kuat kami bisa mewujudkan keinginan membangun Kebun Toga, “ kata Pipit,



Menurut Pipit, saat ini diareal Kebun seluas 2000 m2, ditanami 154 jenis tanaman obat. “ Saat ini kami sedang melakukan pembibitan kembali.   Selain itu diareal ini disiapkan tempat penampungan sampah yang akan diolah menjadi kompos, Kami juga akan  melengkapinya dengan membangun perpustakaan mini, “ ungkapnya.

Pipit mengatakan, konsep yang dilakukan dengan Kebun Toga akan bisa menghasilkan tanaman obat yang produktif untuk diolah menjadi bahan obat herbal yang dapat digunakan untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan, penyembuhan penyakit bagi warga masyarakat.  “ Kita berharap keberadaan Kebun Toga  akan meningkatkan perekonomian ibu-ibu PKK RW.07, “ katanya.

Selain itu, tambah Pipit, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan para ahli  di bidangnya sehingga bisa menampilkan sebuah taman obat yang tertata asri dan dapat menjadi sumber informasi tentang jenis dan fungsi tanaman obat melalui perpustakaan mini.

Peresmian Kebun Toga oleh Ketua TP PKK Hj. Fauziah Diani Budiarto ditandai dengan pengguntingan pohon janur dan pembukaan selubung nama Tanaman Toga Puspa Sari RW.07 Kelurahan Kedung Badak Kecamatan Tanah Sareal. (gus)

 

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner