Banner
UP2K PKK, Program Pemerintah Entaskan Kemiskinan
Senin, 19 Maret 2012 15:15

Program Usaha Peningkatan Pendapan Keluarga (UP2K) PKK menjadi salah satu ujung tombak dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kota Bogor. Program yang telah digulirkan sejak tahun 1985 ini terus berkembang sebagai program penanggulangan kemiskinan dengan memanfaatkan keberadaan fungsi perempuan dalam rumah tangga.

 

Setelah berjalan 27 tahun, UP2K-PKK telah banyak memberikan akses permodalan untuk mengembangkan usaha. Sebut saja usaha jajanan, kerajinan dan sembako. Para peminjam, bisa memperpoleh bantuan modal usaha berkisar Rp 300 ribu sampai Rp 2 juta. Dari segi pembiayaan, dana UP2K tidak hanya berasal dari dana Impres Bantuan Desa semata, tetapi juga berasal dari PPMK/Block Grant dan bantuan swadaya masyarakat.

“Kami bersyukur di Kota Bogor program UP2K yang merupakan bagian dari 10 program pokok PKK, telah berkembang di 68 kelurahan se-Kota Bogor,” kata Walikota Bogor Diani Budiarto.
Untuk meningkatkan kinerja UP2K PKK, pemerintah Pusat telah menggelar lomba UP2K tingkat Nasional. Dan mewakili Kota Bogor, pada tahun 2012 telah terpilih UP2K dari Kelurahan Empang. 

“Kelurahan Empang insya Allah telah memenuhi kriteria administrasi, kinerja modal, penambahan anggota, kemitraan, penambahan jenis usaha, teknologi pengemasan, higienitas dan strategi pemasaran,” puji Diani.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Prov Jabar Netty Prasetyani  mengatakan program Up2K telah dirancang untuk mengupayakan peningkatan kesejahteraan keluarga dengan membina keluarga menuju tatanan hidup ekonomis, produktif, dan berupaya menumbuhkan kemampuan berusaha keluarga serta mendorong penciptaan lapangan pekerjaan.


Ketua TP PKK Jabar Netty Prasetyani saat melakukan penilaian UP2K Kelurahan Empang

“Kegiatan UP2K juga terus berkembang di beberapa wilayah di Jawa Barat. Program UP2K bahkan telah jadi motor perekonomian andalan desa dan kelurahan dengan modal usaha yang terus meningkat,” kata Netty saat melakukan penilaian UP2K ke Kelurahan Empang  Kecamatan Bogor Selatan akhir pekan lalu.

Kesuksesan ini merupakan prestasi nyata jajaran Tim Penggerak PKK di tingkat Kabupaten/Kota,  Kecamatan dan kelurahan yang terus gigih mensosialisasikan kegiatan UP2K. Sehingga terwujud dan bermanfaat dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Untuk itu, bagi Kelurahan Empang,TP- PKK Pemprov Jabar menyerahkan bantuan dana penunjang kegiatan UP2K sebesar Rp 2 Juta. Dengan rincian, sebesar Rp 1,5 Juta diberikan untuk tambahan modal usaha dan Rp 500 ribu untuk kegiatan peningkatan kapasitas SDM pengelola. (dian/gus)

 

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner