Banner
LPM Margajaya Gandeng MCB Hijaukan Bantaran Sungai Ciapus
Sabtu, 17 Maret 2012 18:56

Setelah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Situgede Kecamatan Bogor Barat menggandeng Masyarakat Cinta Bogor (MCB)  yang akan menghidupkan kembali tradisi ngubek setu, kini giliran LPM Margajaya Kecamatan Bogor Barat mengajak MCB melakukan aksi penanaman pohon penghijauan disepanjang Sungai Ciapus Kelurahan Margajaya.

 

Aksi penanaman pohon yang dilakukan tidak jauh dari Kantor Kelurahan Margajaya, Sabtu (17/3/2012) pagi, dipimpin Ketua LPM Margajaya Eko Pandu  bersama Lurah Margajaya Jajat Sudrajat.

Ratusan pohon berbagai jenis ditanam disepanjang sungai Ciapus oleh warga, bersama MCB yang dipimpin Ketuanya Bagus Karyanegara (BK).  Dalam aksi tersebut turut serta  Kepala Bidang Tata lingkungan dan Dampak Lingkungan BPLH (Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup) Kota Bogor Shahlan Rasyidi yang sengaja datang membawa mobil hijau bantuan dari Solidaritas Istri Kabinet Jilid II

Ketua LPM Margajaya Eko Pandu mengatakan, aksi yang dilakukannya merupakan wujud kesadaran masyarakat Margajaya yang peduli terhadap lingkungan,  guna  mendukung Bogor kota hijau yang sudah deprogram Pemerintah Kota Bogor. “ Kita ingin menanamkan kesadaran khususnya generasi muda Margajaya agar senantiasa peduli terhadap lingkungannya, “ kata Eko.

Lurah Margajaya Jajat Sudrajat mengapresiasi apa yang telah dilakukan LPM  bersama komunitas masyarakat yang tergabung MCB “ Aksi penghijauan selain akan menambah asri lingkungan, pohon ini juga kelak akan menjadi penahan longsor dan berguna bagi penyerapan air,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua MCB Bagus Karyanegara (BK) mengatakan, sebagai mitra Pemerintah Kota Bogor, MCB berkomitmen  menyuseskan program Pemkot Bogor dalam penataan lingkungan.
BK yang juga ketua Himpunan Pramuwisata (HPI) Kota Bogor ini menegaskan bahwa apa yang dilakukan MCB selama ini tidak lain untuk mewujudkan Kota Bogor menjadi tujuan pariwisata. 

Shahlan Rasyidi dari BPLH bersama Warga Margajaya dan MCB Tanam Pohon di bantar Sungai Ciapus

Hal senada juga diutarakan Kabid Tata lingkungan dan Dampak Lingkungan BPLH Kota Bogor Shahlan Rasyidi.  Ia mengajak warga untuk menjadikan sampah sebagai sahabat bukan musuh, serta menjadikan sampah mempunyai nilai ekonomis.

“Minyak jelantah, sampah plastik dan sampah lainnya kalau dikumpulkan dalam bank sampah, akan jadi tabungan uang,”jelasnya seraya mencontohkan beberapa kabupaten yang telah berhasil melakukan kegiatan tersebut.

Sebelum penanaman pohon BK menyerahkan uang kadeudeuh kepada Komunitas Anak Muda Margajaya (Kamajaya) sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan –kegiatan Kamajaya yang mencoba mengembangkan diri menjadi organisasi kepemudaan mandiri (yan/lan)

 

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner