kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
BPLH Kota Bogor Sosialisasikan Program Sekolah Adiwiyata
Rabu, 15 Februari 2012 15:12

Sebanyak 75 sekolah tingkat SMA, SMP dan SD di  Kota Bogor diberikan sosialisasi program sekolah Adiwiyata tahun 2012.  Sosialisasi yang digelar Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor ini dibuka resmi Sekrataris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan di ruang rapat I Balaikota Bogor, Rabu (15/2/2012).

 

 

Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Kota Bogor Lilis Sukartini mengatakan,  sosialisasi dan program pembinaan sekolah Adiwiyata bertujuan untuk memberikan informasi tentang teknik pelaksanaan program sekolah Adiwiyata Tahun 2012 serta memberikan pembinaan dan motivasi kepada seluruh sekolah untuk mengikuti program sekolah Adiwiyata. Selain itu untuk memfasilitasi sekolah calon Adiwiyata yang akan diusulkan menjadi sekolah Adiwiyata Tahun 2012.

Saat ini, menurut Lilis,  Sekolah di Kota Bogor yang telah berhasil mencapai sekolah Adiwiyata yaitu SD Bantarjati 9 sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2012, SMK Wikrama sebagai calon Adiwiyata Mandiri Tahun 2012 dan SMPN 13 sebagai sekolah Adiwiyata 2012.

Lilis berharap, kepada seluruh Kepala Sekolah dan Dinas  Instansi dapat mendukung program sekolah Adiwiyata, sehingga terhadap sekolah – sekolah yang akan diajukan menjadi sekolah Adiwiyata Tahun 2012 akan mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kedepan tidak hanya terbatas 75 Sekolah, tapi program Sekolah Adiwiyata akan disosialisasikan kepada seluruh sekolah di Kota Bogor, “ tambah Lilis.



Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan ketika membuka sosialisasi mengatakan, Pemerintah Kota Bogor melalui BPLH pada tahun 2012  akan menyaring dan mengirimkan sekolah usulan calon sekolah Adiwiyata kepada Kementrian Lingkungan Hidup.  “ Kita berharap wakil sekolah dari Kota Bogor bisa mendapatkan  nilai yang sangat tinggi, sehingga akan melanjutkan tradisi sekolah Adiwiyata seperti SDN Bantarjati 9 SMK Wikrama dan SMPN 13.

Bambang mengatakan, bahwa perjuangan untuk mencapai sekolah Adiwiyata mandiri bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan pengorbanan kerja keras dan komitmen yang tinggi dari semua unsur terkait.

“Banyak sekolah yang memiliki fasiltas modern, tetapi belum banyak sekolah yang berkomitmen terhadap pelestrian lingkungan hidup, “ ujar Bambang,
Oleh karena itu, ia memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah yang telah bekerja keras untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata di Kota Bogor.

Sementara itu Dr.dr.Budhi Soesilo, Msi dari Kementerian Lingkungan Hidup selaku nara sumber mengatakan tujuan Adiwiyata adalah untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan  berkelanjutan.

Budhi menjelaskan komponen Adiwiyata I meliputi, Pertama Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kedua melaksanakan kurikulum (proses pembelajaran) berbasis lingkungan, ketiga pengembangan kegiatan lingkungan berbasis partisifatif. dan ke empat pengembangan dan atau pengelolaan sarana pendukung sekolah ramah lingkungan. (gus)


 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner