Banner
Jelang Pengalihan Pajak, Pemkot Bogor Siapkan Jajarannya
Rabu, 18 Januari 2012 15:29

Terhitung 1 Januari 2013, Pemerintah Kota Bogor akan mendapatkan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2), serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Untuk itu, seluruh jajaran terkait Pemerintah Kota Bogor tengah mempersiapkan proses peralihan pajak tersebut.  Proses persiapan peralihan itu dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Bogor selaku ujung tombak.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Bogor Denny Mulyadi mengatakan untuk kelancaran peralihan tersebut, pihaknya telah menyiapkan regulasi dan sosialisasi, sarana dan prasarana, tim basis data SISMIOP, kesiapan organisasi, SDM dan diklat.

“Saat ini raperda PBB P2 sedang dalam tahap evaluasi di Pemprov Jabar, Kemenkeu, dan Kemendagri,” jelas Denny dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat III Balaikota Bogor, Rabu (18/1/2012).

Pertemuan juga menghadirkan Dirjen Ekstensifikasi dan Penilaian Dirjen Pajak RI Hartoyo, Kasubdit Sub Derektorat Penilaian Dirjen Pajak RI Budi Harjanto dan pembicara lainnya. Juga hadir Kepala Kantor Pajak Pratama Kota Bogor, para pejabat struktural Dispenda kota Bogor dan anggota tim persiapan pengalihan PBB P2 kota Bogor.

“Semoga dengan peralihan kedua pajak property ke Kota Bogor diharapkan ke depannya kita bias lebih optimaldalam menggali potensi PBB-P2 dan BPHTB untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat Bogor,” kata Denny.

Lanjut Denny, dengan pengalihan pajak tersebut, diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Karena selaku pemerintah daerah tentunya lebih mengenal karakteristik wilayah dan wajib pajaknya.

Sebelumnya Walikota Bogor telah membentuk Tim Persiapan Pelaksanaan PBB P2 sebagai pajak daerah. Lewat SK Walikota No. 973.45-367 Tahun 2011 telah ditunjuk unit kerja terkait untuk mempersiapkan pelaksanaan pengalihan pajak. Sebelumnya telah dilakukan sosialisasi awal tentang UU No. 28 tahun 2009 khusus mengenai persiapan PBB P2 menjadi pajak daerah kepada 136 kolektor PBB, 68 kasi pemerintahan kelurahan dan 6 kasi tapem kecamatan pada bulan Oktober 2011. (dian)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner