Banner
Pentas Rampak Dalang Cilik Hipnotis Ratusan Siswa dan PNS Pemkot Bogor
Rabu, 21 Desember 2011 18:43

wayangdalangcilik11Akhir taun, ternyata menjadi   bulan yang paling mengesankan, khususnya bagi para dalang cilik di Kota Bogor. karena mereka bisa menampilkan keahliannya dalam memainkan wayang golek dihadapan sekurang 700 siswa, di Gedung Kemuning Gading Bogor  Rabu (21/12/2011).

Pagelaran Rampak Dalang cilik yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Kota Bogor,  dalang – dalang cilik yakni  Arya Bima (  SDN Sempur), Danu Rangga, Nabil, Dani dan Yogi, keempatnya siswa SDN Batutulis 2, menggarap lakon Jabang Tutuka, yaitu proses lahirnya Gatot Kaca.

Pentas  dalang cilik ini dibuka oleh Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bogor Edgar Suratman.   “  Kehadiran wayang golek yang menampilkan dalang cilik dapat mengkreasi karya seni budaya sunda, "kata Edgar.

Edgar berharap  dengan pementasan dalang cilik selain dapat menghibur masyarakat, juga dapat mendekatkan,mengenal dan akhirnya anak didik bisa mencintai berbagai seni tradisional sunda  terutama wayang golek
 
Diakui Edgar, faktor generasi para dalang memegang peranan penting dalam menunjang keberlangsungan seni dan budaya sunda  yang makin berat seiring dengan yang datangnya budaya dan seni  dari luar ditengah era globalisasi dan kemajuan teknologi dan komunikasi.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan pada Disbudpar Kota Bogor, R. Susiloawati, pagelaran rampak dalang cilik ini sengaja dipadukan dengan berbagai tari tradisional dan modern, tujunannya selain agar pagelaran lebih  hidup  juga  mencoba kemasan baru yang lebih menarik.

Para dalang cilik yang dibantu dua dalang muda Kota Bogor yakni Dalang Jajat E. Saputra dan Ceceng Arifin, manggung sebanyak dua kali.  “Pagi mereka menghibur ratusan murid SD sedangkan siangnya kakak-kakak mereka dari SMP se-Kota Bogor,”papar Susi.


Masih menurutnya,  untuk memeriahkan acara tersebut pihaknya mengundang para siswa tak kurang dari 28 SD dan 28 SMP, negeri dan swasta di Kota Bogor.

Penampilan para dalang cilik kota Bogor ini, ternyata mendapat sambutan dan applaus yang cukup meriah dari para penonton yang tidak hanya para siswa namun orangtua murid dan  karyawan di lingkungan PNS Kota Bogor. Salah satunya, Sari Sugiharti pegawai Kominfo yang sedang mengandung menyempatkan diri menonton

“Saya sengaja meluangkan waktu saya untuk menonton golek, mudah-mudahan anak yang sedang  saya kandung ini bisa menyenangi kesenian tradisi urang Sunda, yaitu wayang golek,”paparnya sambil memegangi perutnya yang sudah membesar.

Sementara itu, salah seorang dalang cilik termuda, Bima yang masih duduk di kelas 3 SDN Sempur, mengaku gembira dengan adanya kegiatan tersebut. Bima yang juga anak Dalang Jajat E. Saputra ini berharap kegiatan tersebut bisa dilaksanakan lagi tahun depan.

“Nya…pa, Bima mah hayang maen deui taun hareup,  tapi ayeuna mah  hoyong emam endog asin heula,”katanya manja khas anak-anak sebayanya. (dhp/lan)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner