Banner
45 Napi Lapas Kelas II Paledang Bogor Dapat Remisi Langsung Bebas
Kamis, 18 Agustus 2011 02:20
ImageBertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia le 66 tahun 2011 sebanyak 45 Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Paledang Bogor mendapat remisi langsung bebas.
 
Penyerahan SK remisi dilakukan oleh Walikota Bogor Diani Budiarto disaksikan Ketua DPRD Kota Bogor Mufti Faoqi dan jajaran Muspida di Lapas Paledang Bogor, Rabu (17/8/2011).

Pada kesempatan tersebut Walikota Bogor membacakan sambutan tertulis Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Patrialis Akbar.  Diani juga menyerahkan uang transport sebesar Rp4,5 juta untuk 45 napi yang langsung bebas. Setiap  napi mendapatkan uang transport sebesar Rp100 ribu.
 
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Peladang kelas II Paledang Bogor  Muji Rahardjo D.S menjelaskan, seluruhnya warga binaan Lapas Paledang kelas  II Paledang Bogor yang mendapatkan remisi berjumlah   503 orang.  Dari 503 yang mendapatkan remisi langsung bebas berjumlah 45 orang.
 
Muji menjelaskan, pemberian remisi terhadap narapidana berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Keputusan Presiden RI Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

Ia juga merinci bahwa pemberian remisi kepada narapidana sendiri terbagi menjadi dua kategori. “Remisi umum I (RU I) terdiri dari 458 orang, sedangkan Remisi Umum II (RUU II) terbagi menjadi 44 orang yang langsung bebas dan 1 orang yang tidak bebas karena belum membayar denda,”jelasnya,

Menurutnya, jumlah warga binaan Lapas kelas II  Paledang yang mendapatkan remisi berdasarkan tindak pidananya. “Untuk narapidana yang mendapatkan remisi pidana masalah narkoba sebanyak 76 orang, sedangkan untuk remisi tindak pidana lainnya sebanyak 427 orang.

Ditegaskan,  bahwa pemberian remisi jangan dianggap sebagai suatu bentuk kemudahan-kemudahan bagi warga binaan pemasyarakatan untuk cepat bebas, akan tetapi sebagai sarana untuk memompa diri guna meningkatkan kualitas moral untuk menjadi lebih baik dan berguna lagi bagi diri sendiri dan orang-orang sekitarnya.

Image

Lebih lanjut Muji mengungkapkan,  bahwa ketentuan remisi umum bisa diberikan pada tahun pertama apabila telah menjalani  6 bulan sampai 12 bulan dengan besarnya remisi satu bulan.   Tahun pertama apabila telah menjalani dari 12 bulan, besarnya remisi 2 bulan. Tahun ke 2 besarnya remisi 3 bulan. Tahun ke 3 besarnya remisi 4 bulan. Tahun ke 4 dan ke 5 besarnya remisi 5 bulan dan tahun ke 6 dan seterusnya besarnya remisi 6 bulan.

Lapas Paledang Over Capacity

Sementara itu, terkait dengan jumlah daya tampung Lapas Paledang yang over capacity, Muji membenarkan bahwa kapasitas maksimal para penghuni lapas seharusnya 634 orang, namun jumlah penghuni di Lapas Paledang sendiri sudah mencapai 1056 orang.

“Daya tampung di LP Paledang  sudah over capacity sebanyak 692 orang atau 65 persen. Rencananya, Pemerintah Kota Bogor sendiri berencana untuk memindahkan Lapas Paledang ke daerah Pasir Jambu guna mendapatkan tempat yang lebih layak lagi untuk seluruh penghuninya ”imbuhnya. (yan/gus/lan)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner