Banner
Walikota Bogor Imbau Pejabat Eselon III Tingkatkan kemampuan Kepemimpinan
Selasa, 08 Maret 2011 20:33
ImageWalikota Bogor Diani Budianto mengimbau para pejabat di lingkungan pemerintah Kota Bogor agar meningkatkan kemampuan kepemimpinan. Karena ke depan, para pejabat tersebut harus segera mengisi gerbong pejabat eselon II yang kosong, seperti kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kepala Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan Asisten Umum Sekretariat Kota Bogor.

 
Sayang, hingga kini, menurut Diani, para pejabat yang menduduki eselon III dianggap kurang siap dan mumpuni. Dari hasil fit and proper test para pejabat eselon III menunjukkan kurangnya kepemimpinan.

“Bagaimana mau mengisi eselon II, sampai hari ini masih banyak yang kosong. Siapa yang akan mengisi kalau hasil fit and proper testnya begitu?” tanya Diani saat memimpin upacara Pelepasan PNS yang Memasuki Masa Pensiun di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor yang digelar di Plaza Balaikota Bogor, Selasa (8/3/2011),

Hasil fit and proper test menunjukkan minimnya tingkat leadership dan managerial skill yang dimiliki para pejabat di eselon IIII. “Hasil fit and proper test itu faktual,” ingatnya.

Untuk itu, Diani meminta agar para pejabat yang sudah pernah mengikuti test tersebut agar segera meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan manajemennya. Para pejabat diminta meningkatkan kemampuan memimpin organisasi, menggerakkan orang-orang dalam organisasi untuk mencapai tujuan, dan melengkapi diri dengan kemampuan manajerial.

Diani juga mengingatkan kepada para pimpinan SKPD agar melakukan kaderisasi. “Eselon III mana yang sudah matang, diberikan delegasi dan test case sehingga ia semakin matang,” sarannya.  Agar ilmu dan pengalaman semakin bertambah dengan mengikuti rapat, seminar dan sebagainya.

Image
 
“Ini kejadian pada saat kita memerlukan pengisian personil , dicari susah. Begitu juga eselon di bawahnya,” sesalnya.

Diani juga meminta agar para pimpinan SKPD lebih memperhatikan kondisi SKPD nya. Jangan asik dengan jabatannya, sehingga melupakan tanggung jawab baik moril maupun materiil terhadap organisasi yang dipimpinnya. “Mumpung  masih memegang amanah,” ingatnya.

Selain itu, Diani juga mengucapkan terima kasih kepada para staffnya yang telah mengerjakan tugas dan fungsinya selama ini. Namun Diani mengingatkan agar para staff tidak mengerjakan tugas sambil menggerutu. Anggaplah tugas yang diembannya sebagai amanah.

“Nikmati saja semua tugas. Sebabkalau dikerjakan sambil manyun yang ada hanya penyakit hati,” tambahnya. Diani juga meminta para staff terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme-nya di dalam menjalankan tugas melayani masyarakat. (dian/gus)

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner