kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Lapangan Sempur Bogor Memutih
Sabtu, 25 September 2010 21:42
Lapangan Sempur memutih. Ratusan jamaah calon haji (calhaj) Kota Bogor dengan mengenakan pakaian Ihram memperagakan manasik secara kolosal di Lapangan Sempur Kota Bogor, Sabtu (25/9/2010). Manasik haji yang dilaksanakan secara kolosal, disaksikan Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat , dan  Kepala Kantor  Kementrian Agama Kota Bogor.
 
Kendati baru sebatas latihan, namun para jamaah dengan khusunya mengikuti petunjuk dari para pembimbingnya yang memperagakan cara-cara manasik.Meski Kota Bogor sejak pagi sempat diguyur hujan, namun tidak menyurutkan para Jamaah memperagakan tata cara yang harus dilaksanakan, baik itu rukun  maupun sunah haji seperti memperagakan cara  melempar jumroh, Sa’i, wukuf, dan tawaf dengan mengelilingi Ka’bah  buatan yang disulap sedemikian rupa berdiri di tengah-tengah lapangan  yang biasa dipergunakan kegiatan upacara oleh Pemerintah Kota Bogor.

Praktek manasik itu diawali dengan terdengarnya suara adzan zuhur dan Khutbah dipadang Arafah yang disampaikan Ketua Umum MUI Kota Bogor H. Adam Ibrahim.
Peragaan manasik sangat penting untuk membekali, baik pengetahun maupun pratek bagaimana situasi di Tanah Suci. “Anggaplah ini gladi resik, sebelum para jamaah haji menjalankan praktek ibadah haji yang sebenarnya, “ujar Wakil Walikota Achmad Ru’yat yang menyaksikan  langsung peragaan yang dilakukan para jamaah.

Mengenai pelayanan terhadap jamaah Ru’yat mengatakan, Pemerintah Kota Bogor setiap tahun terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada para jamaah. “Mudah-mudahan mulai dari pemberangkatan dan kembalinya nanti ke tanah air dapat berjalan lancar, “ kata dia.

Ru’yat mengingatkan kepada para jamaah untuk mempersiapkan diri menjelang keberangkatan. “Di Tanah Suci para jamaah harus bisa membangun kemandirian meskipun sudah ada ketua rombongan, ketua regu dan Ketua Kloter, antara satu jamaah dan jamaah lainnya bisa membangun kebersamaan, “ harapnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bogor H.Muchtar mengatakan, quota haji Kota Bogor berjumlah 1.096 jamaah. “ Sebelum pemberangkatan, renacananya akan dilakukan penutupan manasik pada tanggal 2 Oktober 2010 di Masjid Raya Bogor, “ kata Muchtar.

 Muchtar mengatakan, peserta Praktek manasik haji diikuti oleh seluruh calon jamaah dari Posbinsik (Pos Bimbingan Ibadah Haji) dan sembilan KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) yang ada di Kota Bogor.

Ke sembilan KBIH tersebut adalah, KBIH Al Ghazali, Al Djumhuriah, Al Mubarokah, An Nur, Baiturrahim, Baitul Mu’minin, Rahmatul Ummahaj, Sabilul Hidayah, YPHB (Yayasan Persaudaraan Haji Bogor). (yan/gus)
 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner