kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Pin "Friend Of Ostomate" Untuk Ketua TP PKK se Wilayah I Bogor
Rabu, 28 Juli 2010 22:42
ImageSebuah pin bertuliskan “Friend of Ostomate” disematkan pada pakaian masing-masing Ketua Tim Penggerak PKK Kota/Kabupaten se-Wilayah I Bogor oleh Direktur Wocare Clinic, Widasari Srigitarja, sebagai tanda dukungan terhadap  para ostomate yang sampai saat ini masih memperoleh stigma negatif dari masyarakat.

 
Ostomate adalah orang-orang yang dikarenakan alasan tertentu harus menjalani prosedur pembuatan lubang sekresi di daerah perut, yang disebut stoma.  Pembuatan stoma ini dianjurkan bagi pasien yang kesulitan untuk buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) akibat mengalami kecelakaan yang mengenai usus, kanker, atau bayi yang lahir tanpa anus.

Prosesi ini dilakukan seusai sosialisasi yang disampaikan oleh Irma Puspita, selaku Manajer dari Wocare Clinic, mengenai perawatan luka dan stoma bertempat di Ruang Rapat III Balaikota Bogor, bersamaan dengan pelaksanaan Pertemuan Rutin Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Se-Wilayah I Bogor Rabu (28/7/2010).

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa sampai saat ini masih banyak kendala di masyarakat berkaitan dengan stoma ini. Pertama, karena anggapan aneh dari sebagian besar masyarakat yang masih awam dengan bedah ini. Apalagi karena fungsi stoma sebagai pengalih BAB dan BAK, tidak memiliki fungsi sebaik anus, sehingga kotoran bisa keluar tanpa kontrol.

Selain itu juga, kurangnya perhatian terhadap perawatan pasca bedah yang kerap diabaikan sehingga stoma dianggap menyulitkan. “Bila tidak ditangani dengan benar, stoma memang bisa menimbulkan iritasi atau luka dengan rasa terbakar. Tapi apabila ditangani dengan tepat, cukup dengan dua kali kunjungan maka ostomate bisa melakukan sendiri perawatan di rumah tanpa perlu khawatir,” lanjutnya.

Hal ini dimaklumi Irma, karena saat ini jumlah tenaga spesialis untuk bidang ini masih sangat terbatas. Dan karena alasan itu, Kota Bogor boleh berbangga, karena Klinik Wocare yang terletak di bilangan Soleh Iskandar merupakan klinik pertama yang peduli terhadap perawatan stoma. Bahkan Wocare adalah klinik pertama se-Asia yang melayani perawatan paripurna dengan tenaga spesialis berjumlah 5 orang.

Image

Keseriusan klinik ini dalam melayani perawatan stoma terlihat dari bantuan yang diberikan kepada ostomate yang kurang mampu. “Stoma ini biayanya sangat tinggi, selain biaya pembedahan, tiap bulan dibutuhkan 5-10 kali ganti kantung.

Satu kantung harganya berkisar antara Rp 100 ribu – Rp 150 ribu,”urainya. Karena itu, bekerjasama dengan pihak Australia, klinik ini memberikan 5 kantung cuma-cuma bagi tiap ostomate per bulannya.

Dalam pemaparannya, Irma juga menyebutkan sepuluh hak ostomate, yaitu, mendapatkan konseling  sebelum dilakukan pembedahan stoma, mendapatkan konseling tentang letak stoma yang tepat, Memiliki stoma  dengan bentuk yang baik, mendapat perawatan  setelah pembedahan/ rehabilitasipasca pembedahan, mendapatkan dukungan emosional, mendapatkan bimbingan  baik secara individu dan atau bersama keluarga, mendapatkan informasi tentang penggunaan peralatan kantong stoma yang diperlukan sesuai dengan indikasi, adanya informasi di masyarakat tentang perkumpulan bagi para ostomate dan mendapatkan informasi mengenai hal tersebut, mendapatkan tindak lanjut dan pengawasan dari perawat ET ("Enterostomal Therapy") atau perawat stoma tentang perawatan terhadap stomanya, dan terakhir mendapatkan manfaat dari upaya tim kesehatan
yang professional.

“Dukungan diperlukan karena masih banyak ketidakpahaman di kalangan masyarakat mengenai ostomate, sehingga ostomate mengalami depresi,” ungkap Irma. (diki)
 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner