kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Walikota Ajak Pelajar Bogor Biasakan Berbahasa Sunda
Kamis, 04 Maret 2010 15:05
Ratusan Pelajar mendatangi Gedung Kemuning Gading Jalan Kapten Muslihat Bogor untuk menghadiri acara ”Pasanggiri Seni Sunda” dalam rangka memperingati Hari Jadi Tabloid Sunda Urang ke-2, Rabu (3/3) pagi.

" Saya turut bahagia karena Tabloid ”Sunda Urang” adalah satu-satunya koran berbahasa Sunda di Kota Bogor, yang telah bertahan dengan baik selama dua tahun ini. Bahkan, dengan adanya Tabloid ini menjadi sebuah oase yang turut menjadi entitas warga Kota Bogor sebagai orang Sunda", ungkap Walikota Bogor H. Diani Budiarto dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Asisten Tata Praja Ade Syarip Hidayat .
 
Menurut para ahli saat ini, ada sekitar 6.000 sampai 7.000 bahasa etnis atau daerah diberbagai belahan dunia yang terancam punah karena tidak lagi digunakan oleh masyarakat pendukungnya. Bedasarkan kenyataan itu, maka tentunya kita harus berusaha keras, supaya Bahasa Sunda tidak menjadi bagian dari bahasa daerah yang punah. Kita memang patut khawatir, karena pengunaan Bahasa Sunda telah mulai jarang dipakai oleh sebagian besar masyarakat kita dalam keseharian. Bahasa Sunda kemudian hanya sering dipakai dalam ruang-ruang kelas formal di sekolah dasar atau sekolah menengah pertama.
 
Walikota menyampaikan apresiasinya  bahwa pelaksanaan Pasanggiri Seni Sunda yang diikuti oleh para siswa SD, SMP dan SMA dari Kota dan Kabupaten Bogor. ”InsyaAllah, kegiatan ini merupakan bagian untuk mendekatkan anak-anak kita sebagai generasi penerus terhadap budaya Sunda dan menjadikan mereka selalu terbiasa dengan bahasa Sunda, ” katanya.

Dalam bagian lain, Diani Budiarto menyisipkan sambutan dalam bahasa Sunda, " Hayu urang gawe bareng rereongan geusan ngamumule sarta nanjeurkeun budaya jeung Basa Sunda, ku jalan anu enteng waradagna, gancang katempo hasilna, seperti remen ngabiasakeun gunem catur jeung biantara dina Basa Sunda. Sakali deui sim kuring ngucapkeun wilujeung milangkala nu kadua kanggo keluarga besar Tabloid Sunda Urang. Sing panjang natar lalakon, milangan mangsa, milangan windu ".  (Ali.SP)
 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner