Banner
Setelah di Masjid Agung, Ibnu Sina Hadir di Masjid Raya Bogor
Selasa, 25 Maret 2008 15:48
Untuk menjawab tuntutan banyaknya warga miskin yang membutuhkan pelayanan kesehatan gratis, Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Bogor kembali membuka Klinik Kesehatan yang diperuntukan bagi warga yang kurang mampu Setelah satu tahun beroperasi di Masjid Agung Pasar Anyar, BAZ Kota Bogor kini membuka Klinik Kesehatan untuk kaum dhuafa di Mesjid Raya Pajajaran. Tidak itu saja, BAZ Kota Bogor dalam melayani kesehatan masyarakat, juga mengoperasikan satu buah Ambulance yang dapat digunakan membawa orang sakit yang dilengkapi peralatan oksigen sekaligus berfungsi sebagai mobil jenazah.

Pengoperasian kedua fasilitas kesehatan itu dilakukan Walikota Bogor H Diani Budiarto di Masjid Raya Pajajaran Jalan Pajajaran Bogor, Senin (24/3) pagi, yang disaksikan para pimpinan unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Bogor, dan juga di hadiri Ketua DPRD H. Tb Tatang Muchtar, dan Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor H . Dody Rosadi.

Diani menilai kinerja kepengurasan BAZ dalam tiga tahun terakhir ini cukup membanggakan dengan berbagai aktuvitas dan bukti nyata yang ditunjukkan oleh BAZ untuk kepentingan umat, khususnya dalam mengentaskan kemiskinan.

Memang tidak dipungkiri, untuk melayani kesehatan masyarakat, selama ini ada Puskesmas di berbagai wilayah Kota Bogor, sementara BAZ sendiri juga punya program jangka panjang dibidang pelayanan kesehatan dengan menyentuh enam kecamatan yang ada di 6 wilayah Kecamatan se Kota Bogor. “ Kami berharap kedua lembaga ini yakni Puskesmas dan BAZ hendaknya bersinergi, “ pintanya,

Sementara itu, Ketua Umum BAZ Kota Bogor KH Djudjih Djayasumpena menyebutkan, setiap harinya tingkat kunjungan masyarakat ke Klinik Kesehatan Dhuafa bernama Klinik Ibnu Sina di Masjid Agung Pasar Anyar antara 70 hingga 150 orang, sehingga total yang berobat mencapai 38 ribu.

Selain itu kata Dudjih, yang mendapatkan pelayanan kesehatan itu bukan saja warga muslim, tetapi juga masyarakat non muslim dari berbagai etnis,“ Mereka yang berobat ke Klinik Ibnu Sina tanpa dipungut bayaran, karena telah dianggarkan oleh BAZ sebesar Rp 5000 perorangnya, “ jelasnya.

Bahkan, lanjut Djudjih, karena lokasi Klinik Ibnu Sina Masjid Agung berdekatan dengan stasiun kereta api, sehingga banyak penumpang kereta api yang sakit datang ke Klinik Ibu Sina. “ Makanya, kami mempersilahkan kepada siapa saja yang ingin berobat tanpa terkecuali yang datang dari luar Bogor, dipersilahkan untuk datang ke Ibnu Sina, asalkan membawa indentitas diri atau KTP, “ jelasnya.

Lebih lanjut Djudjih mengatakan, setelah dibuka di Masjid Agung Bogor, BAZ membuka klinik Ibu Sina ke dua di Masjid Raya Bogor Jalan Pajajaran,“ Kedepannya, kami juga berencana membuka Klinik Ibu Sina ini di tiap–tiap Kecamatan, “ katanya.

Selain membuka Klinik Ibnu Sina, BAZ memiliki Ambulance, yang bisa dipergunakan untuk membawa orang yang sakit dan membawa jenazah. “ Bagi warga yang membutuhkan mobil Ambulance dipersilahkan menghubungi Kantor Sekrtariat BAZ Kota Bogor di PPIB Jalan Pajajaran, “ ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, BAZ Kota Bogor juga menyerahkan bea siswa kepada 600 siswa Tsyanawiyah/SMP, Aliyah/SMA, dan siswa dari sekolah kejuruan, Mahasiswa, para santri Selain itu menyerahkan santunan anak yatim untuk 200 orang

Dijelaskan Djudjih, sejak tahun 2006 lalu sampai bulan Maret 2008 dana yang telah dikeluarkan oleh BAZ hampir mencapai Rp 1,5 miliyar. BAZ juga telah menyiapkan dana untuk membantu korban bencana alam, dan telah disiapkan Posko Bencana.

Menurut Djudjih, pihaknya siap memberikan bantuan untuk korban bencana alam yang terjadi di Kota Bogor. Makanya, jika terjadi bencana alam di wilayah Kelurahan silahkan melaporkan kepada BAZ, kami siap terjun ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan, “ imbuhnya. (iso/tar)
 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner