Banner
Panwaslu Kota Bogor Launching Sejuta Relawan Pemilu
Rabu, 01 Januari 2014 01:49

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bogor membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi relawan Pemilu Legislatif yang akan dihelat 9 April 2014.  Pembentukan relawan pemilu oleh Panwaslu dilakukan dalam Launching dan Talkshow Sejuta Relawan Pemilu yang digelar di Bale Binarum Bogor, Selasa (31/12/2013)

Launching dihadiri Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor Aep Saepudin, anggota Panwaslu Propinsi Jawa Barat,Wasikin Marzuki, Wakapolres Kota Bogor, Perwakilan Satuan Pamong Praja  serta Unsur Akademisi, Tokoh Agama/Ulama, Tokoh Pemuda dan Tokoh wanita, Ormas dan Mahasiswa.

Ketua Panwaslu Kota Bogor Rudy Rochjadi mengatakan, inisiatif Panwaslu membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi relawan pengawas pemilu pada dasarnya merupakan sebuah proses pendidikan politik bagi masyarakat, agar masyarakat  mau aktif pada penyelengaraan Pemilu.

Rudy mengatakan, masyarakat harus diberikan pemahaman sehingga bisa lebih cerdas dalam mengkritisi tokoh – tokoh atau caleg yang akan menjadi wakilnya di DPR, maupun DPRD nanti. 



Ia menegaskan, peran serta masyarakat pada penyelengaraan Pemilu tidak terbatas hanya dengan memberikan suaranya saja, melainkan ikut mengawasi supaya tidak ada tindakan dari pihak manapun yang didapat merugikan, “ tegasnya.

Sementara itu Walikota Bogor dalam sambutannya disampaikan Kepala Kantor Kesbangpol Aep Saepudin mengatakan, ada dua agenda besar yang akan diselenggarakan di tahun 2014  yakni Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil presiden.

Oleh karena itu, Walikota menyambut postif terbentuknya para relawan pemilu. “Sejuta Relawan sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat ikut berperan di dalam proses mengawasi jalannya pemilu legislatif tahun 2014, ‘ kata walikota.



Diungkapkan, bahwa sukses penyelenggarakan pemilu memang diukur dari dua hal.pertama bisa dilihat dari aspek persiapan penyenggaraan pemilu yang diharapkan seluruhnya dapat berjalan lancar aman, dan semua pihak yang akan bertarung pada arena pemilu bisa menerima persiapan persiapan yang sudah ditentukan dan diperlukan, antara lain seperti Pemilih Calon tetap yang disepakati oleh seluruh konstestan Pemilu.

Walikota menyebutkan, untuk bisa menjamin bahwa Pemilu berjalan aman,tertib, bersih serta jujur maka diperlukan pengawasan efektif,yang ecara kelembagaan menjadi kewenangan Panwaslu   untuk  melakukannya.



Namun, lanjutnya, kegiatan pengawasan Pemilu mulai dari persiapan sampai dengan pelasanaan nanti, juga dapat melibatkan peran masyarakat yang mau menjadi relawan.  Sebab, pada dasarnya Pemilu adalah pesta milik rakyat yang diselenggarakan untuk mewujudkan hak rakyat di dalam menentukan masa depan perjalanan Bangsa dan Negara ini.

Itulah sebabnya masyarakat memiliki hak penuh untuk ikut mengawasi jalannya pemilu.  .Namun, kami berharap  agar pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat dalam koordinasi dengan Panwaslu, sebagai pihak yang sudah memiliki legistimasi untuk melakukan pengawasan, pungkasnya.(lan/pri)

 


Editor : yan

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner