kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
Pemakaman di Kota Bogor di Contoh DPRD Ambon
Kamis, 27 Juni 2013 12:50

Kota Bogor menjadi salah satu daerah referensi untuk belajar mengenai Peraturan daerah (Perda). Tak heran, banyak rombongan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Kabupaten maupun Kota, serta Provinsi melakukan kunjungan kerja (Kunker) Ke Kota Bogor.

Seperti rombongan pansus I DPRD Kota Ambon yang melakukan kunjungan kerja untuk belajar mengenai Raperda Retrebusi Pemakaman dan Pengabuan Mayat.  Tamu dari pansus I DPRD Kota Ambon tersebut dipimpin oleh Ir. Deny Lekatompessy diterima di ruang tengah Balaikota Bogor oleh Asisten Administrasi Umum Drs. Arif Mustopa Budiyanto. Rabu (26/6/2013).

Kota Bogor jelas Asisten Administrasi Umum Drs. Arif Mustopa Budiyanto sudah menjadi salah satu Kota besar di Jawa Barat (Jabar) dan menjadi salah satu titik pertumbuhan dan perkembangan Provinsi Jawa Barat.

Wilayah Kota  Bogor sejak tahun 1995, sudah diperluas menjadi 11.850 hektar atau sekitar 0,27 % dari luas wilayah Propinsi Jawa Barat, dan berada pada posisi sekitar 56 km dari ibukota Jakarta. Terbagi ke dalam 6 wilayah kecamatan, 68 kelurahan, dengan jumlah penduduk berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2011 mencapai jumlah 967.398 jiwa.

Terkait mengenai Raperda Retrebusi Pemakaman dan Pengabuan Mayat, dapat Arif menjelaskan, bahwa retribusi pemakaman dan pengabuan mayat telah diatur dalam Perda Nomor 4 tahun 2012 tentang retribusi umum. Retribusi pemakaman dan pengabuan mayat menjadi salah satu dari dua belas jenis retribusi yang diatur dalam perda ini.

Retribusi lain yang juga diatur dalam perda ini adalah: Retribusi Pelayanan Kesehatan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Catatan Sipil Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor Retribusi Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran Retribusi Pengganti Biaya Cetak Peta Retribusi Penyedotan Kakus Retribusi Pengolahan Limbah Cair Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi. 



Sementara itu, Abdul Fitri staf dari UPTD Pemakaman Kota Bogor menjelaskan, di Kota Bogor  terdapat 7 TPU. Namun  yang berfungsi ada 4  yakni TPU Gunung Gadung Bogor khusus untuk agama Hindu dan Budha di Bogor Selatan dengan luas mencapi 36 hektar, TPU di Cipaku juga di Bogor Selatan khusus di buat untuk Non Muslim, ke tiga TPU Drered untuk Muslim dan ke empat TPU di Belender untuk Muslim.   Serta TPU di Kayu Manis Tanah Sareal untuk muslim  masih dalam  tahap penyelesaian.

Masalah tarif Abdul Fitri menjelaskan, telah diatur dalam Perda no .4 tahun 2012 tentang Retrebusi Jasa Umum.  Untuk warga dari luar Kota Bogor tarif sewa tanah makamnya mencapai Rp1 juta  per tahun sedangkan dalam  Kota Bogor tarifnya mencapai Rp500 ribu per tahun. (met)

Editor  yan

 

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner