kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan
Banner
TPST Konsep 3R Siap dibangun di Kompleks Zeni Lawang Gintung Bogor
Sabtu, 25 May 2013 18:11

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor akan membangun Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) dengan Konsep atau sistim 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle), di Kompleks Zeni Lawang Gintung Kelurahan Lawang Gintung Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Pembangunan TPST berbasis masyarakat di Kompleks TNI tersebut melengkapi 11 TPST lainnya yang telah dibangun di wilayah Kota Bogor sebelumnya. “ Setelah 11 TPST dibangun tahun ini akan dibangun TPST berbasis masyarakat di Kompleks Zeni Lawang Gintung, Kecamatan Bogor Selatan, “ kata Kepala DKP Kota Bogor Daud Nedo Darenoh, Sabtu (25/5/2013)

Menurut Daud, pembangunan lokasi pengelolaan sampah sistem 3R  berbasis masyarakat. di Komplek Zeni Lawang Gintung Kelurahan Lawang Gintung Bogor Selatan rencananya akan dikelola sekitar 500 Kepala Keluarga (KK). Pembangujan TPST ini bersumber dari dana APBN melalui Provinsi Jawa Barat.

Diharapkan, dengan dibangunnya lokasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat  akan mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam  upaya pengurangi tumpukan sampah rumah tangga.

Selain itu, kata Daud,. TPST dibangun di Kompleks TNI merupakan bentuk kemitraan antara TNI dan Pemkot Bogor, sehingga akan memotivasi para prajurit TNI  dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan hijau melalui upaya pemilahan dan pengurangan sampah.  

Diakuinya, bahwa permasalahan persampahan di Kota Bogor sangat kompleks.  Untuk merebut kembali Adipura yang pernah disandang Kota Bogor beberapa tahun silam sangat sulit.  “Terakhir 2011 lalu, Kota Bogor hanya berada diperingkat ke lima  Padahal, Kota – Kota lainnya yang pernah belajar persampahan  di Kota Bogor kini telah menyandang kota terbersih, “ tutur Daud.

Lebih lanjut Daud mengatakan, untuk mensosialisasikan rencana pembangunan TPST di Lawang Gintung,  pihaknya bersama dengan satuan kerja provinsi Jabar  telah melakukan sosialisasi Kamis lalu.  

Sosialisasi yang digelar di Aula Asrama Komplek Pusat Pendidikan Zeni Jalan Sudirman menghadirkan   Komandan Pusat Pendidikan Zeni Danpusdikzi, Kolonel Rido Hermawan MSc, Satuan Kerja Provinsi  Jabar,  unsur Kecamatan Bogor Selatan, dan Lurah Lawang Gintung Supriyadi, serta  para perwira TNI



Komandan Pusat Pendidikan Zeni Danpusdikzi Kolonel Rido Hermawan MSc, mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan pengelolahan sampah oleh Pemerintah Kota Bogor. “Semoga dengan dibangunnya TPTS, TNI dapat memberikan kontribusi dalam pengolahan sampah di Kota Bogor, “ kata Kolonel Rido Hermawan

Ia menambahkan,  jika sebelumnya  penanganan sampah diwilayah RW.02 Lawanggintung dibuang Ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Galuga oleh petugas DKP, maka dengan dibangunnya TPST warga siap  melakukan pengelohan, dengan cara memilah sampah  organik dan non organik. (met/yan)

 

 

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner