Banner
Pengurus Barang Pemkot Bogor dilatih SIMBAD
Kamis, 02 May 2013 18:49

Para pengurus dan penyimpan barang milik  Pemerintah Kota Bogor  dilantih SIMBAD (Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah). Pelatihan yang digelar Pemkot melalui  Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri RI, Inspektorat Kota Bogor, dan PT. Alas Sanggoro digelar Garaha Pool Jl Merdeka No.110 Bogor. Kamis (2/5/2013).

Walikota Bogor dalam sambutannya disampaikan Asisten Administrasi Umum Setdakot Bogor Arief Mustofa Budianto ketika membuka pelatihan  mengingatkan, bahwa hal yang perlu dipahami oleh para peserta pelatihan SIMBAD yaitu penerapan sistem informasi manajemen barang daerah merupakan salah satu usaha yang diperlukan untuk menertibkan dan merapihkan data serta informasi tentang barang milik daerah di semua unit kerja dilingkungan Pemerintah Kota Bogor.

Diharapkan, melalui SIMBAD informasi tentang jenis barang yang menjadi aset pemerintah, bisa dipantau keberadaannya secara akurat. Oleh karena itu, kepada setiap pejabat pengelola barang dimasing-masing unit kerja diwajibkan untuk selalu memasukan data mengenai keberadaan, kondisi dan volume barang yang berada dalam pengawasan dan pengelolaannya.

Data tersebut perlu terus diperbaharui sesuai dengan ada tidaknya pertambahan atau pengurangan serta penghapusan pada barang-barang yang ada dimasing-masing unit kerja.

Informasi tentang data aset dimasing-masing unit kerja harus terjamin akurasinya, karena akurasi data dibutuhkan untuk berbagai kepentingan, antara lain untuk kepentingan menyusun neraca daerah.  “Kelemahan informasi data barang milik daerah bisa menjadi salah satu hambatan didalam menyusun laporan pengelolaan keuangan daerah, “ urainya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor Hanafi melaporkan, penyelenggaraan pembinaan barang milik daerah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola barang milik daerah.

Selain itu, kata Hanafi, untuk meningkatkan profesionalisme pengelola barang dalam melaksanakan tugas penata usahaan barang milik daerah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta mempersiapkan PNS yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang tugas dalam hal pengelolaan barang milik daerah.



Pelatihan berlangsung selama 4 hari, 2-3 Mei 2013, dan tanggal 6-7 Mei 2013 sampai dengan peserta berjumlah 69 orang terdiri dari 34 orang para Kasubag Umum dan Kepegawaian dan 35 orang pengurus barang SKPD dilingkungan pemerintah Kota Bogor.

Sedangkan materi yang diberikan pengelolaan barang milik daerah yang meliputi perencanaan, penata usahaan, dan pelaporan. Serta materi SIMBAD. (met)

 

Editor : yan

 
Kota Bogor
Kota Bogor   Talk Show Jakarta Marketing Week: "City Branding"
Kota Bogor   Kota Bogor Meraih Penghargaan IDSA Award
Kota Bogor   Tanya Jawab Walikota dengan Dewan Juri IDSA Award
Lebih Banyak Video

Website SKPD

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner